Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Peran Ayah Bagi Anak

Manfaat Peran Ayah Bagi Anak

Peran ayah sangat penting bagi perkembangan seorang anak. Menurut dr. Anne Gracia,  ahli neuroscience, keterlibatan seorang ayah dalam mengasuh anak ternyata memberi pengaruh luar biasa pada kematangan otak dan sarafnya. 

 

Ayah dapat memberikan stimulasi kepada Si Kecil untuk merangsang perkembangan otak dan kecerdasannya. “Stimulasi bisa dilakukan melalui sentuhan dan suara. Sesekali, ayah juga bisa memberikan pijatan pada bayi atau mengajaknya berbicara saat sedang mengganti popoknya,” jelas dr. Anne sore tadi (18/10) dalam talk show 'Ayah Luar Biasa' di M&B Fair 2015 Jakarta.

 

Menurut dr. Anne, sentuhan seorang ayah dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi anak. “Hal ini secara tidak langsung juga dapat mencegah Si Kecil menjadi korban kejahatan seksual saat dewasa nanti. Ia dapat mengenal sejauh mana orang lain bisa menyentuhnya,” jelasnya.

 

Ryan Delon, selebriti Dad, yang juga hadir dalam talk show tersebut mengakui, keterlibatannya dalam mengurus Ryshaka Dharma Situmeang (Ry) membawa banyak manfaat bagi perkembangan putra pertamanya itu. “Saat libur, saya selalu menyempatkan waktu untuk mengajak Ry bermain. Saya senang mengajarkan Ry mengenai bunyi-bunyian, seperti suara hewan. Ia pun suka diajak bernyanyi dan membaca. Saya sesekali juga mengajaknya mandi bersama. Terbukti, Ry tumbuh menjadi anak yang sehat dan aktif,” ungkap Delon.

 

Perlu diketahui pula bahwa ayah selalu menjadi role model bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, ayah membawa pengaruh dalam membentuk karakter Sang Anak. Keterlibatan ayah dalam mengasuh anak juga disebut dapat menghindari keterlambatan bicara pada anak. Jadi, jangan ragu untuk terlibat dalam pengasuhan Si Kecil ya, Dad! (Aulia/DC/Dok. M&B)