Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Orangtua Pengaruhi Risiko Diabetes pada Anak

Orangtua Pengaruhi Risiko Diabetes pada Anak

Semua manusia ingin dilahirkan sehat, bebas dari penyakit apapun. Tetapi, kadang Anda tak dapat menolak garis yang telah ditetapkan Tuhan untuk setiap individu. Demikian pun dengan penyakit diabetes yang mungkin Anda atau pasangan miliki.

 

Dokter Anton Cahaya Widjaja dari Klinik Diabetes Nusantara mengatakan, jika salah satu dari Anda atau pasangan diabetes, kecenderungan Si Kecil untuk memiliki penyakit ini adalah 25-30 persen. Artinya jika Anda mempunyai 4 anak, 1 anak kemungkinan akan diabetes.

 

Apabila Anda dan pasangan sama-sama diabetes, peluang untuk mewarisi penyakit ini meningkat hingga 50–75 persen. Itu berarti jika Anda memiliki 4 anak, 2 atau 3 anak Anda kemungkinan akan diabetes juga. Lebih lanjut dr. Anton menambahkan, diabetes adalah keadaan gula darah yang meningkat karena gangguan fungsi atau jumlah insulin yang dihasilkan pankreas dalam tubuh.

 

Pada bayi dan anak-anak umumnya menderita diabetes tipe 1, yaitu diabetes yang bergantung sepenuhnya pada insulin karena jumlah insulin dalam tubuhnya nol atau tidak ada sama sekali. (LD/Sagar/DC/Dok. M&B UK)