Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kebutuhan Materi Anak Bukan Segalanya

Kebutuhan Materi Anak Bukan Segalanya

Sungguh bangga rasanya jika Anda bisa memberikan segala yang terbaik untuk anak, termasuk hal-hal yang berhubungan dengan materi. Banyak teman Anda yang memilihkan pakaian mahal untuk anaknya atau memasukkan balita mereka ke sekolah ternama. Anda pun ingin melakukan hal yang sama, tetapi apa daya kondisi finansial tidak mencukupi.

 

Anda mungkin merasa kecil hati saat menyadari bahwa Anda satu-satunya ibu di sekolah Si Kecil yang tidak memiliki stroller mahal. Banyak ibu berpikir bahwa jika mereka bisa mencukupi semua kebutuhan fisik anak, ia akan bahagia. Tetapi, hal itu tidak sepenuhnya benar. Ada banyak hal yang ternyata tidak sepenting yang Anda kira.

 

Jika Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan materi Si Kecil, ingat bahwa kasih sayang adalah hal terbesar dan termahal yang bisa Anda berikan kepadanya. Jika Anda terus menghujaninya dengan banyak barang mewah, yang belum tentu dibutuhkannya, ia tak akan pernah bisa belajar menghargai uang. Ajari Si Kecil untuk mengerti arti uang. Saat ia beranjak besar, beri pengertian kepadanya bahwa tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan uang.

 

Daripada pusing memikirkan apa yang tidak bisa Anda berikan kepada Si Kecil, lebih baik fokuskan diri Anda pada apa yang dapat dimilikinya. Misalnya, jika Anda tak cukup mampu membiayainya masuk les balet, cobalah memasukkannya dalam kelompok tari di lingkungan rumah. Atau jika ia kelihatan suka mengamati Anda di dapur, tetapi Anda tidak punya cukup dana untuk membelikannya mainan masak-masakan yang lengkap, coba ajak ia membuat sendiri kompor dan peralatan masaknya dari barang-barang yang sudah ada di rumah. Anda pasti akan terkejut saat melihat kreativitas Anda ternyata menurun padanya! (SDS/Sagar/DC/Dok. M&B UK)