Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mengapa Begitu Sulit Menyatakan Cinta?

Mengapa Begitu Sulit Menyatakan Cinta?

Mengucapkan "Aku sayang mama", atau "I love you, Papa" terasa cukup sulit untuk dilakukan. Padahal, menyatakan rasa sayang lewat kata-kata perlu dilakukan lho, Moms. Menurut psikolog Ratih Ibrahim, berikut hal-hal yang menyebabkan orang Indonesia sulit mengungkapkan rasa sayang kepada orang yang dicintai.

 

  • Tidak terbiasa. Ratih mengatakan, orang Indonesia bukan masyarakat yang terbiasa mengucapkan "I Love you." Karenanya, hal tersebut harus diubah terlebih dahulu agar menjadi sebuah kebiasaan, sehingga kita lebih luwes dalam mengungkapkan rasa sayang.

 

  • Budaya. Budaya timur tidak terbuka seperti budaya barat. Orang timur cenderung lebih tertutup dan sulit mengungkapkan perasaan.

 

  • Kepribadian seseorang. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang tidak mudah mengekspresikan hal yang dirasakan, bahkan menganggap mengungkapkan perasaan sayang tidak perlu lewat kata-kata.

 

Ketiga hal di atas, sebenarnya tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak mengungkapkan rasa sayang kepada orang yang kita cintai. Ratih mengungkapkan, biasakan mengatakan 'I love you' kepada suami dan Si Kecil di rumah. Katakan hal tersebut setiap hari, karena dapat memperkuat bonding antara Anda dan Si Kecil. Selain itu, biasakan menyatakan rasa sayang kepadanya sejak kecil. Suatu saat jika ia dewasa, ia akan mengingat kata-kata dan momen tersebut.

 

Ratih juga mengingatkan bahwa relasi baik yang terjalin antara Anda dan Si Kecil merupakan kunci kesehatan jiwa bagi keduanya. So, Moms jangan lupa mengatakan 'I love you' kepada orang yang Anda cintai dan ajarkan Si Kecil untuk melakukan hal yang sama, ya! (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)