Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Yuk, Berhemat!

Yuk, Berhemat!

Setelah memiliki Si Kecil, Anda pasti tidak akan keberatan untuk mengeluarkan dana demi memenuhi kebutuhannya. Meski begitu, Anda juga perlu berhemat agar dapat mengalokasikan dananya untuk keperluan lain. Apa saja yang bisa dihemat? Bagaimana caranya?

 

1. Susu formula

Berhematlah dengan cara memberikan ASI. Jika harus memakai formula, bergabunglah dengan klub pengguna susu (biasanya, produsen susu besar memiliki klub ini) untuk mendapatkan informasi promosi dan keuntungan dari kegiatan lainnya (misalnya, penukaran poin belanja).                                                     

 

2. Biaya pengasuh

Anda bisa mengurangi dana dengan meminta kerabat dekat untuk mengasuh Si Kecil. Jika Anda harus menyewa jasa pengasuh, pastikan perusahaan penyedia jasa tersebut terpercaya dan memiliki jaminan tenaga kerja yang baik. Anda pun tidak akan rugi membayar mahal.  

 

3. Popok sekali pakai

Menggunakan popok kain akan sedikit merepotkan, tetapi Anda bisa memotong biaya popok sekali pakai. Menurut hitungan M&B, Anda bisa berhemat hingga Rp 1.500.000 per bulan!

 

4. Mainan dan pakaian

Barang-barang Si Kecil tidak harus  selalu baru. Jika ingin berhemat, Anda bisa membeli mainan atau perlengkapan bekas pakai atau menyewanya. Pakaian pun bisa dibeli secara online atau grosir sehingga lebih murah. Ingat! Perlengkapan Si Kecil sebagian besar hanya dipakai dalam waktu sebentar, karena ia tumbuh dengan cepat.

 

5. Makanan

Membuat sendiri makanan untuk Si Kecil sudah pasti lebih murah dan terjamin nutrisinya. Anda bisa berhemat hingga Rp 1.000.000 per bulan lho, Moms. (Deonisia/DC/Dok. M&B)