Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Mengontrol Makan Malam

Tips Mengontrol Makan Malam

Apakah Anda termasuk orang yang sering lapar di malam hari? Anda tidak sendiri, Moms! Studi baru-baru ini menemukan bahwa wanita lebih banyak terobsesi untuk makan di malam hari, meski mereka tidak begitu lapar. Dan, inilah yang sering menyebabkan diet Anda gagal. Dilansir dari M&B UK, metabolisme tubuh cenderung melambat pada malam hari. Itulah sebabnya, makan malam juga dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Kendalikan keinginan Anda untuk makan di malam hari dengan tips berikut. 

 

Hindari berbelanja di malam hari

Jika ingin berbelanja, lakukanlah pada siang hari! Apabila Anda berbelanja di malam hari, keranjang belanjaan Anda mungkin akan didominasi oleh makanan karena tidak bisa menahan godaan yang datang. Biasakan menggunakan catatan saat berbelanja untuk mengendalikan diri dari sifat konsumtif.

 

Tidur Cepat

Kelelahan dan kurang tidur juga dikaitkan dengan obesitas. Tidur malam lebih cepat tidak hanya membantu menghindari godaan mengonsumsi camilan, tetapi juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

 

Serat dan protein
Serat dan protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Tambahkan serat alami dan protein, seperti buah, sayuran, daging, dan kacang-kacangan pada menu makan siang Anda. Dengan begitu, rasa kenyang akan bertahan lebih lama, sehingga Anda tidak tergoda dengan camilan yang ada di kulkas.

 

Makan di meja makan
Selalu biasakan makan di meja makan. Makan di sofa saat sedang menonton TV dapat membuat Anda terus merasa lapar.

 

Makanan bukan pelampiasan

Stres di kantor? Tidak bisa tidur? Banyak orang berpikir makan atau ngemil di malam hari membuat mereka lebih tenang. Buang jauh-jauh pikiran itu. Makanlah secukupnya di saat lapar untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Makanan bukan pelampiasan! Jika ingin memperbaiki mood, coba cara lain yang lebih sehat, seperti mandi air hangat, menceritakan masalah Anda dengan teman baik melalui telepon, atau lakukan seks dengan pasangan. (Aulia/DC/Dok. M&B UK)