Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Pilihan Makanan untuk Balita Alergi Susu Sapi

Pilihan Makanan untuk Balita Alergi Susu Sapi

Anda mungkin merasa panik jika Si Kecil didiagnosis mengalami alergi susu sapi. Apalagi, kebanyakan produk makanan dan camilan untuknya memiliki kandungan susu sapi. Tetapi, tenang Moms! Saat ini, sudah banyak pula supermarket yang menjual produk-produk khusus bagi para penderita alergi, salah satunya alergi susu sapi.

 

Anda bisa membeli keju vegan dengan rasa yang mirip keju olahan dari susu sapi, margarin yang berasal dari sayur, atau menggunakan minyak kelapa untuk memasak bahan makanan, serta memanggang kue. Sebagai pengganti susu sapi, Anda juga bisa memberikan Si Kecil susu kedelai atau susu almond, serta yoghurt bebas susu.

 

Jika ingin membuat makanan sehat bernutrisi tinggi dan lezat untuk Si Kecil, Anda bisa menyediakan beberapa menu pilihan seperti dilansir dari M&B UK berikut ini.

 

- Cornflakes dengan susu almond. Mudah dan sederhana!

 

- Saat cuaca dingin, buat bubur dengan tambahan almond atau berikan susu kedelai hangat dicampur potongan buah favoritnya.

 

- Buat pancake dengan campuran almond dan susu selain susu sapi. Tambahkan madu jika Si Kecil sudah berusia 1 tahun ke atas dan jus buah.

 

- Kalau ingin membuat camilan sederhana, Anda bisa mengoleskan roti panggangnya dengan margarin yang terbuat dari bahan kelapa atau almond, serta jangan lupa menambahkan selai kesukaan Si Kecil.

 

- Tidak ada alasan bagi Si Kecil yang alergi susu sapi untuk melewatkan lezatnya pizza! Anda bisa membuat sendiri dengan tidak menambahkan keju olahan susu sapi.

 

- Untuk menu yang sederhana, Anda bisa menyajikan potongan ikan, bakso, sosis, dan sayur, dengan pasta maupun nasi.

 

- Masak spaghetti lalu taburi kacang polong di atasnya!

 

- Ada banyak pilihan sandwich tanpa produk olahan susu. Anda bisa mengisi sandwich Si Kecil dengan alpukat dan pisang, ikan tuna dengan jagung manis dan telur, serta lainnya. (Sagar/DC/Dok. M&B)