Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Gigi Sehat Berkat Rajin Minum Teh

Gigi Sehat Berkat Rajin Minum Teh

Anda suka minum teh? Anda pasti jarang mengalami masalah pada gigi. Khasiat teh terhadap kesehatan gigi sudah diketahui sejak lama. Dilansir dari Daily Mail, sebuah studi mengungkap bagaimana teh mampu melindungi gigi Anda.

 

Studi tersebut membuktikan bahwa konsumsi teh sehari-hari memberi efek yang sama dengan kandungan fluoride pada pasta gigi. Kandungan tersebut mampu memperkuat email gigi dan mencegah kerusakan. Zat  fluoride dalam teh diduga dihasilkan oleh tanah yang ditanami daun teh.

 

Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Bulletin itu menyebutkan, 1 cangkir teh berukuran 240 ml rata-rata mengandung 1,18 mg fluoride. Sedangkan, teh hijau kandungan fluoridenya lebih rendah, yaitu sekitar 0,72 mg. Selain itu, kopi tanpa kafein juga disebut memiliki kandungan fluoride lebih banyak dari teh. Namun, kandungan ini tergantung pada kondisi tanah tempat teh ditanam. Jadi bisa dikatakan, masing-masing daerah memiliki teh dengan kadar fluoride yang berbeda.

 

Dalam penelitian tersebut, diungkapkan juga bahwa konsumsi teh dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans dan Lactobacillus, yaitu bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Selain itu, penelitian menunjukkan teh bisa mengatasi bau mulut. Kandungan flavonoid dalam teh dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap. (Aulia/DC/Dok. Freedigitalphotos)