Type Keyword(s) to Search
BABY

Ajak Bayi Bermain

Ajak Bayi Bermain
bayi bermain

Asyiknya jika saat bermain tiba! Dengan bermain, banyak manfaat yang bisa diperoleh bayi Anda, seperti halnya pada anak-anak usia balita. Bermain memang penting untuk perkembangan sosial, emosional, dan kognitifnya sejak dini. Bermain dapat juga menjadi sarana untuk melatih kemandirian, kreativitas, rasa ingin tahu, serta kemampuannya memecahkan masalah.

 


Bayi memang bisa asyik bermain sendirian, tapi mereka akan lebih senang jika Anda aktif terlibat dalam permainannya. Melalui interaksinya dengan Anda, kegiatan bermain juga dapat meningkatkan kemampuan bahasanya. Saat bermain, Si Bayi akan mencerna berbagai kata yang Anda lafalkan secara berulang. Hal tersebut akan melatih perkembangan bahasanya.

 


Anda bisa memanfaatkan beberapa momen, seperti bermain cilukba saat mengganti popoknya, atau membuat ekspresi lucu, seperti mengedip-ngedipkan mata. Hal-hal tersebut merupakan permainan menarik untuk merangsang interaksi dengannya.

 


Meski terlihat sepele, dengan bermain, bayi Anda tetap bisa belajar sesuatu. Jangan heran jika suatu hari ia akan menirukan mimik lucu Anda. Itu artinya ia memperhatikan dan belajar dari interaksi yang Anda lakukan dengannya.  Selain itu, gerakan yang aktif, seperti menggerakkan anggota badannya sambil bernyanyi pun dapat melatih kemampuan motoriknya. (Aulia/DMO/Dok. M&B)