Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Belajar Menabung

Belajar Menabung
menabung

“Hemat pangkal kaya”. Pepatah ini tentu melekat sampai sekarang. Uang bagaikan '2 mata pisau'. Jika kita tidak bisa mengelolanya dengan baik, tentu kita tidak akan meraih apa yang kita inginkan. Inilah yang membuat masalah keuangan menjadi lebih sensitif.

 


Jalan satu-satunya mengelola uang tentu dengan menabung. Kebiasaan baik ini dapat dilakukan dengan cara berhemat dan mengatur pengeluaran lebih bijak. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu diajarkan sejak dini untuk belajar menabung. Ajarkan mereka konsep yang dimengerti oleh nalar mereka.

 

Berikut beberapa ide yang dapat memotivasi anak-anak untuk mulai menabung.

1.  Pisahkan Uang di Wadah yang Berbeda
Ajarkan mereka menabung di wadah yang berbeda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Misalnya, tabungan untuk kebutuhan jangka pendek, seperti kebutuhan sehari-hari dapat disimpan ke dalam piggy bank. Anda pun bisa membukakan rekening khusus anak yang banyak ditawarkan oleh beberapa bank untuk melatih antusiasme menabungnya. Rekening tersebut bisa digunakan sebagai tabungan untuk kebutuhan jangka panjang, seperti tabungan untuk liburan atau jalan-jalan.

 


2.  Tawarkan Hadiah untuk Menabung
Seperti banyak undian yang diadakan bank, Anda pun dapat memberikan Si Kecil hadiah sebagai penghargaan untuknya yang telah sukses menyisihkan uang. Selain hadiah t-shirt, Anda juga dapat memberinya hadiah menarik lainnya jika ia berhasil menabung dalam jumlah lebih besar dan dalam jangka waktu lebih lama, seperti video game, mainan, atau apa pun yang dapat lebih memotivasinya untuk mau menabung. Namun, tanamkan pengertian agar ia tak boleh menabung hanya untuk sebuah hadiah.

 

3. Memberi Contoh yang Baik
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan membiarkan anak Anda melihat bahwa Anda pun sedang berhemat untuk bisa menabung. Biarkan anak Anda menyaksikan saat Anda menyisihkan uang di piggy bank. Ini akan menunjukkan pada Si Kecil bahwa kebiasaan menabung itu memang hal yang perlu. Ia pun akan tergerak untuk meniru perilaku Anda, karena sebagian besar anak-anak ingin menjadi seperti orangtua mereka. Melihat Anda melakukannya akan memberikan inspirasi bagi mereka untuk ikut menyimpan uang.

 


4.  Dengan Permainan
Ada beberapa permainan yang dapat Anda adopsi untuk mengajarkan konsep keuangan untuk Si Kecil, seperti monopoli. Permainan ini dapat mengajarkan keterampilan pengelolaan uang serta pentingnya menabung bagi masa depan.(Aulia/DMO/Dok. M&B)