Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Basmi Kutu Si Kecil

Basmi Kutu Si Kecil
kutuan

Kutu parasit tentu mengganggu jika menghinggapi rambut Anda dan anggota keluarga lainnya. Sekitar 6-12 juta orang di dunia terkena kutu rambut setiap tahunnya. Umumnya, jika ada 1 anak dengan masalah ini, maka anak-anak lain yang berinteraksi lebih sering dengan anak tersebut, juga akan tertular.

 


Kutu rambut adalah jenis serangga parasit yang hidup menempel pada kulit untuk mendapatkan sejumlah kecil darah dari tubuh manusia yang dihinggapinya. Kutu rambut tidak bisa melompat ataupun terbang. Serangga ini hanya menempel pada 1 kepala anak, lalu menyebar melalui pemakaian sisir, topi, bantal, atau lainnya.

 


Untuk mengatasi masalah kutu rambut Si Kecil, lakukan beberapa langkah cerdas berikut.

1.  Anda perlu memeriksa kulit kepala dan akar rambut Si Kecil, karena biasanya telur kutu menempel pada lubang rambut yang dekat dengan kulit kepala.
2.  Cuci rambut Si Kecil dengan sampo khusus pembasmi kutu berbahan ringan.
3.  Sisir rambut Si Kecil dengan sisir khusus yang memiliki ruas sisir yang rapat untuk merontokkan telur-telur yang masih menempel.
4.  Untuk mencegah agar kutu tak kembali, segera cuci sisirnya dan seluruh perlengkapan tidur, boneka, dan mainan lain yang berbahan kain dengan merendamnya di dalam air panas. Vakum juga jok mobil dan karpet rumah Anda. (Aulia/DMO/Dok. M&B)