Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tahap Perkembangan Bicara Balita

Tahap Perkembangan Bicara Balita

Ketika Si Kecil genap 1 tahun, Anda perlu waspada saat berkata-kata di hadapannya. Dilansir melalui Babycenter, balita akan merekam segala percakapan yang didengar dari sekitarnya dan menirukannya dengan sangat baik lho, Moms!

 

19-24 Bulan

Tidak hanya bertambah aktif, dari hari ke hari, Si Kecil pun akan semakin cerewet. Di usia 19 bulan hingga 2 tahun, setidaknya ada 50 kata yang akan ia kuasai. Ia pun sudah mampu menggabungkan 2-4 kata dalam 1 kalimat, menyanyikan lagu anak-anak favoritnya, serta lebih vokal dalam menyuarakan apa dipikirkan dan rasakan.

 

25-36 Bulan

Bagi Si Kecil yang baru belajar bicara, ia akan sedikit kesulitan menentukan intonasi yang tepat saat berbicara kepada orang-orang di sekitarnya. Pada usia ini, Si Kecil pun akan mempelajari cara berbicara dengan tepat. Selain kosakata yang semakin banyak, ia juga mulai paham penggunaan panggilan, seperti aku, kamu, atau kalian.

 

36-48 Bulan

Memasuki usia 3 tahun, Si Kecil akan semakin semangat melatih bicaranya. Ia sangat senang diajak mengobrol atau diminta melakukan beberapa hal dalam satu waktu, misalnya, “Tolong ambil bonekamu yang ada di lantai, lalu taruh dengan rapi di atas tempat tidur ya, Nak.” Di usia 4 tahun, Si Kecil sudah mampu merangkai 1 kalimat yang terdiri dari 5-6 kata. Ia pun dapat menghapal nama lengkapnya. Dan, bersiap-siaplah dengan serbuan pertanyaan ‘kenapa’ dan ‘mengapa’  dari Si Kecil, Moms! (Sagar/DC/Dok. M&B)