Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Nutrisi Pelangsing Tubuh

Nutrisi Pelangsing Tubuh
makanan diet

Banyak ibu yang menginginkan tubuhnya langsing kembali usai melahirkan, meski masih dalam masa menyusui. Kabar baiknya, para ibu  dapat mewujudkan keinginan ini dengan cara yang lebih sehat, seperti memilih jenis makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian, terdapat beberapa makanan utama yang dapat membantu mereka mewujudkan tujuan ini. Dilaporkan, sebagian orang yang mengonsumsi jenis makanan ini mengalami penurunan berat badan lebih cepat.

 

Berikut beberapa makanan yang ditunjukkan dalam studi yang dilansir dari sumber Forbes tersebut.

 

1.  Jamur
Rasa dan tekstur yang tebal membuat jamur sering digunakan sebagai pengganti daging. Tentu saja, ini akan sangat mengurangi asupan daging Anda dan dapat menjadi strategi untuk menurunkan berat badan, seperti dilaporkan beberapa waktu lalu oleh sebuah tim peneliti dari Weight Management Center di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. Dilaporkan, menu jamur untuk 1 kali makan dalam sehari ternyata dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

 


2.  Yoghurt
Salah satu studi tentang nutrisi dan pelangsingan tubuh yang dilakukan oleh Darius Mozzafarian dari Harvard menemukan bahwa yoghurt menjadi faktor penting yang mampu mempertahankan berat badan mereka, seperti dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine. Menggunakan data dari Nurses Health Study, Mozzafarian dan timnya menganalisis kebiasaan makan lebih dari 120.000 orang. Dari semua makanan yang dikaitkan dengan penurunan berat badan, yoghurt menjadi jenis yang menduduki peringkat tertinggi. Para ilmuwan belum tahu mengapa yoghurt sangat konsisten dalam mempertahankan berat badan. Namun, ada kemungkinan hal ini dipengaruhi oleh kandungan probiotik di dalamnya yang menguntungkan.

 

3.  Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Karenanya, jenis minyak ini menjadi bagian penting dalam diet sehat ala Mediterania. Menurut penelitian di University of Irvine, asam oleat dalam minyak zaitun akan diubah dalam usus kecil menjadi senyawa oleoiletanolamida (OEA), yang mampu menekan rasa lapar dengan mengirimkan sinyal ke otak, sehingga membuat Anda tetap merasa kenyang.

 

4.  Legum
Beberapa jenis kacang-kacangan diketahui mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan. Selain itu, kacang-kacangan juga memuat tambahan protein dan serat. Itu sebabnya, mengapa konsumsi jenis makanan ini mampu menekan selera makan dan menurunkan berat badan.

 


5.  Serealia
Gantilah sarapan Anda dengan bahan yang berasal dari serealia atau biji-bijian. Penelitian menunjukkan, bahan makanan ini dapat membantu mengecilkan bagian perut. Selain itu, diungkapkan pula bahwa 3.000 pria dan wanita yang beralih ke biji-bijian utuh memiliki perut yang lebih rata. Contoh makanan yang tergolong jenis ini, antara lain beras merah, sereal gandum, roti gandum, dan pasta. Anda ingin mencoba? (Aulia/DMO/Courtesy: Forbes)