Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Menangani Anak dengan ADHD

7 Cara Menangani Anak dengan ADHD

ADHD merupakan gangguan yang meliputi berbagai aspek perkembangan anak. Untuk mengatasinya, diperlukan penanggulangan secara terpadu dan sedini mungkin. Orangtua dan guru pun perlu bekerja sama mengatasi permasalahan ini dengan tim therapist, agar anak ADHD dapat berkembang optimal. Neuropsychiatrist sekaligus psychotherapist Ciputra Medical Center, dr. Dharmawan A. Purnama, Sp. KJ, membagi tips kepada orangtua untuk menghadapi anak ADHD.

 

1. Berikan intruksi yang ringkas. Ingat, mereka sulit fokus dan cepat bosan!

 

2. Beri contoh disiplin. Jika tidak, mereka akan menilai orangtua tidak konsisten dan hasilnya akan percuma. Kebanyakan, anak ADHD memiliki pemikiran yang kritis.

 

3. Puji jika mereka berperilaku baik. Pujian akan membuat anak merasa dihargai. Jangan terus menghukumnya.

 

4. Orangtua bisa melakukan latihan sederhana melalui perintah ringkas dan tentukan waktu yang tepat untuk melakukannya.

 

5. Ajak mereka melakukan olahraga yang melatih konsentrasi, seperti bulu tangkis atau basket yang melatih mereka fokus pada bola. Olahraga bela diri juga dapat melatih konsentrasi dan ketekunan untuk mencapai target tingkatan hingga ke level tertinggi. Selain itu, permainan kecerdasan seperti menyusun puzzle dapat melatih mereka konsentrasi.

 

6. Kurangi asupan tinggi kalori pada anak ADHD, seperti kopi, cokelat, dan sirup.

 

7. Untuk menangani anak ADHD, perlu penanggulangan secara terpadu dan sedini mungkin. Orangtua bisa bekerja sama dengan guru dan therapist untuk mengatasi permasalahan ini agar anak ADHD dapat tetap berkembang optimal. (Aulia/DC/Dok. M&B)