Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Manfaat Utama Seks bagi Hidup Anda!

5 Manfaat Utama Seks bagi Hidup Anda!

Banyak ahli menyebutkan bahwa berhubungan intim memiliki berbagai manfaat. Salah satunya diungkapkan oleh Arun Ghosh, dokter spesialis kesehatan seksual dari Spire Liverpool Hospital, Inggris. Ia mengatakan bahwa seks dapat membuat kualitas sperma suami semakin baik. Jika Anda sedang melakukan program kehamilan, lakukan hubungan seks bersama suami secara rutin, agar sperma yang baru terus diproduksi. Dilansir dari Daily Mail, hubungan seks juga melepaskan jutaan hormon yang dapat memicu rasa puas, bahagia, dan mengeratkan hubungan. Jadi, apa saja manfaat seks yang lainnya? Yuk, cek di bawah ini!

 

1. Berciuman memengaruhi hubungan seks

Bibir dipenuhi dengan ujung-ujung saraf, bahkan 100 kali lebih banyak daripada ujung jari. Sebagai contoh, saat berciuman, bagian-bagian otak akan bekerja melepaskan bahan kimia yang berfungsi menurunkan stres, serta meningkatkan mood. Karenanya, Dr. Arun menyebutkan seks akan terasa lebih menyenangkan jika didahului dengan berciuman, khususnya bagi wanita.

 

2. Painkiller alami
Profesor Komisaruk dari Rutgers University, AS, menjelaskan orgasme dapat menutup sinyal rasa sakit. Bahkan, cara kerjanya melebihi 3 kali dosis penghilang rasa sakit dalam morfin.

 

3. Kekuatan pikiran
Para ahli percaya banyak orang, terutama kaum hawa, menggunakan kekuatan pikiran mereka untuk mencapai orgasme. Sementara, otak pria lebih fokus pada stimulasi fisik. Kunci untuk membuat wanita terangsang adalah membuatnya rileks dan tidak cemas. Hasil penelitian menunjukkan, selama berhubungan intim, bagian-bagian di dalam otak wanita yang bertugas untuk memproses ketakutan, kecemasan, serta emosi semakin lama akan semakin rileks hingga mencapai orgasme.

 

3. Happy pill
Ada sebuah area di dalam otak yang disebut limbic region yang berkaitan dengan perasaan bahagia. Sistem ini akan aktif saat kita menikmati sesuatu yang disukai, salah satunya berhubungan intim. Maka tidak diragukan lagi, seks tidak hanya bermanfaat secara fisik, namun juga untuk sisi psikologis dan sosial seseorang. “Endorfin yang dilepaskan ketika berhubungan intim dapat mengurangi depresi, serta menjernihkan pikiran,” ungkap Dr. Arun.

 

4. Tidur menjadi lebih nyenyak
Bila Anda kesulitan tidur, daripada mengonsumsi obat tidur, Dr. Arun menyarankan untuk berhubungan intim. “Faktanya, berhubungan seks akan lebih bermanfaat jika dilakukan di malam hari. Hal tersebut pun akan membuat tubuh sangat rileks, karena tidak harus digunakan untuk beraktivitas lagi. Untuk pria, orgasme yang kuat setara dengan mengonsumsi obat penenang sekitar 2-3mg. Itulah mengapa, mereka cenderung langsung tertidur setelah berhubungan intim,” ujarnya.

 

5. Menghindari risiko sakit jantung
Seks juga bermanfaat menjaga fungsi kerja jantung. Studi dari Queen's University di Belfast, Irlandia, menemukan bahwa berhubungan intim 3 kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Sementara studi dari Israel menjelaskan, wanita yang mengalami orgasme 2 kali seminggu, berisiko 30 persen lebih kecil untuk mengalami sakit jantung. (Sagar/DC/Dok. M&B)