Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Stimulasi Tepat Dukung Kepintaran Si Kecil

Stimulasi Tepat Dukung Kepintaran Si Kecil

Perkembangan jaringan-jaringan di dalam otak akan berlangsung secara pesat sejak anak di dalam kandungan hingga ia berusia 5 tahun. Di usia 1-5 tahun pula ‘jaringan-jaringan’ dasar di dalam otaknya akan terbentuk dan menjadi bekal untuknya mempelajari keahlian-keahlian baru yang lebih kompleks di masa depan.

 

Karena cara terbaik untuk belajar adalah terlibat langsung dalam banyak aktivitas, sebagai orangtua, Anda harus menyertakan Si Kecil dalam beragam kegiatan untuk membantu perkembangan otaknya, sekaligus mengasah keahlian-keahliannya.

 

Tidak perlu dengan membelikan mainan yang mahal atau berkunjung ke tempat yang jauh agar ia menjadi pintar. Cukup dengan melakukan kegiatan sederhana, seperti bermain peran, mengunjungi taman untuk melihat tumbuhan, maupun menari bersamanya sudah mampu membuatnya belajar akan banyak hal. Yang pasti, Anda perlu ikut aktif dalam aktivitas-aktivitas tersebut supaya ia semakin termotivasi memelajari keahlian baru dan merasa didukung penuh oleh Anda.

 

(Baca juga: Dukung Si Kecil Mengasah Kepintarannya)

 

Agar Si Kecil tidak merasa kelelahan dan stres akibat terus dipaksa belajar mengasah seluruh keterampilannya, Anda harus menganalisis kepintaran Si Kecil dan memberikan stimulasi belajar yang tepat. Pemberian stimulasi yang tepat juga akan memperbanyak dan memperkuat jaringan-jaringan di dalam otak anak. Jadi selain mengoptimalkan kepintaran Si Kecil, Anda juga melatih saraf motoriknya sekaligus mempererat bonding antara Anda berdua.

 

Menurut Dr. Howard Gradner dari Harvard University, ada 8 kepintaran atau dikenal dengan Multiple Intellegences yang dimiliki oleh setiap anak, yaitu pintar kata-kata, angka, musik, gambar, olahraga atau keaktifan, maupun perkembangan sosial dan emosionalnya. Meski begitu, biasanya anak menguasai 1-2 kepintaran saja, misalnya pintar bernyanyi, bercerita, atau bersosialisasi. Karenanya, selalu perhatikan hal-hal yang Si Kecil sukai dan asah kepintarannya tersebut agar semakin unggul!

 

Yuk, tonton video #BedaAnakBedaPintar di http://ow.ly/VXHvg atau di http://ow.ly/VXHJi, dan lihat seri lengkapnya dalam website ProGOLD Parenting Club di sini! 

(Amanda Sagarmatha/ Dok: ProGOLD)