Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Setiap Anak Pintar!

Setiap Anak Pintar!

 

Apakah Si Kecil memiliki suara yang merdu dan suka bernyanyi, mahir bermain sepak bola, senang menari, atau pintar bercerita? Jika iya, maka jangan mengira hal tersebut hanya sekadar hobi biasa, sebab bisa jadi itu adalah kepintarannya lho, Moms!

 

Menurut Dr. Howard Gardner, professor of education dari Harvard University, saat ini sekolah dan kebudayaan yang berlaku di masyarakat masih berfokus pada kepintaran logis-matematis (number smart) dan linguistik (word smart). Padahal, ada berbagai jenis kepintaran lain yang mungkin lebih dikuasai seorang anak, seperti menari, bernyanyi, dan menggambar. Sayangnya, kepintaran tersebut kurang mendapat perhatian, sehingga tidak terasah secara maksimal. Akhirnya anak pun kerap dicap berkebutuhan khusus, mengalami ADD (Attention Deficit Disorder), atau tidak berprestasi.

 

Dilansir melalui institute4learning.com, Dr. Howard menyebutkan ada 8 jenis kepintaran pada anak yang dikenal dengan teori kecerdasan majemuk. Delapan kepintaran tersebut adalah kepintaran musikal (music smart), kepintaran spasial (picture smart), kepintaran interpersonal (people smart), kepintaran intrapersonal (self smart), kepintaran naturalistis (nature smart), kepintaran logis-matematis (number smart), kepintaran linguistik (word smart), serta kepintaran kinestetik-jasmani (body smart).

 

(Baca juga : Yuk, Kenali dan Asah 8 Kepintaran Si Kecil!)

 

Oleh karena itu, selalu perhatikan seluruh tingkah laku Si Kecil untuk mengetahui apa jenis kepintaran yang paling unggul dalam dirinya. Kemudian stimulasi kepintarannya tersebut dengan cara yang tepat, supaya ia tumbuh menjadi anak yang cemerlang di bidangnya. Ingin menganalisis apa kepintaran Si Kecil serta stimulasi yang harus diberikan? Anda dapat mengikuti Observasi 8 Kepintaran Anak yang dikembangkan oleh Thomas Armstrong, Ph.D, Director of American Institute & Multiple Intelligence Expert, AS, pada link berikut : http://ow.ly/UoZgD

 

Di link ini, Anda dapat menjawab 8 step pertanyaan pada kuisioner tentang diri Si Kecil dengan menggunakan akun Twitter atau Facebook Anda. Dari jawaban-jawaban tersebut, akan dianalisis 3 kepintaran Si Kecil yang paling unggul. Anda pun bisa melihat deskripsi mengenai masing-masing kepintaran itu, serta bagaimana cara mengembangkannya. Misalkan Si Kecil unggul dalam kepintaran interpersonal (people smart), maka Anda disarankan untuk bermain board games bersama, bermain peran, maupun melibatkannya dalam acara keluarga, untuk semakin mengembangkan kepintarannya ini. Selamat mencoba, Moms!

 

(Amanda Sagarmatha/ DC/ Dok: ProGOLD)