Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Kenali Jenis Sakit Perut Si Kecil!

Kenali Jenis Sakit Perut Si Kecil!

Jika Si Kecil mengalami sakit perut, Anda perlu memerhatikan gejala-gejala lain yang menyertainya. Saat sakit perut disertai gejala berikut, Anda sangat disarankan untuk segera membawa Si Kecil ke dokter.

 

1. Alergi makanan

Anak yang mengalami alergi makanan biasanya akan merasakan sakit perut yang disertai gatal-gatal, ruam kering di wajah, lutut, dan sikut. Selain itu, wajahnya terasa gatal, mengalami bengkak pada bibir, mata dan hidung berair, serta muntah, diare, atau sesak napas.

 

2. Intususepsi (usus terjepit)

Umumnya, ditemui pada anak usia 6-36 bulan. Sakit perutnya bersifat kolik (bayi menjerit kesakitan kemudian diam), biasanya diikuti muntah berwarna hijau, buang air besar berlendir dan berdarah. Selanjutnya, terjadi pengeluaran lendir dan darah melalui anus.

 

3. Usus buntu

Sakit perut yang dirasakan oleh anak yang mengalami gejala usus buntu adalah sakit yang semakin parah dalam beberapa jam dan berpusat pada kanan bawah atau tengah perut. Disertai pula dengan nafsu makan buruk, suhu badan hangat, dan mungkin muntah.

 

4. Hernia

Pada penderita hernia, sakit perut yang dirasakan adalah sakit pada bagian bawah, mungkin juga disertai muntah. Periksa apakah ada benjolan di bawah pusar atau daerah genital (pada skrotum anak laki-laki). Waspadalah jika benjolan semakin besar, keras, gelap dan tidak bisa ditekan masuk. (Deonisia/DC/Dok. M&B)