Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Tahap Pertumbuhan Gigi Pertama Si Kecil

5 Tahap Pertumbuhan Gigi Pertama Si Kecil

Pada masa pertumbuhannya, banyak kejutan yang ditunjukkan Si Kecil. Salah satunya adalah ketika Anda melihat munculnya sesuatu berwarna putih dari gusinya. Ya, gigi pertamanya! Gigi kecil pertama yang muncul akan membuka jalan bagi 20 gigi bayi lainnya atau gigi susu dan akan bertahan setidaknya selama 5 tahun ke depan. Inilah tahapan munculnya gigi pertama Si Kecil.

 

1. Pada sebagian besar anak, gigi susu pertamanya muncul di usia 6 bulan. Gigi tersebut bisa muncul tiba-tiba atau didahului dengan benjolan di bawah gusi.

 

2. Dua gigi depan bagian bawah biasanya akan muncul lebih dahulu, diikuti dengan 2 gigi depan bagian atas. Keempat gigi ini dikenal sebagai gigi seri tengah yang digunakan untuk menggigit. Setelah gigi awal muncul, Anda mungkin akan melihat munculnya gigi di sisi kiri dan kanannya. Gigi-gigi tersebut disebut dengan gigi seri samping.

 

3. Gigi-gigi yang selanjutnya bisa dilihat adalah 4 gigi belakang (geraham pertama). Dua geraham muncul di rahang bawah, diikuti dengan 2 gigi di rahang atas. Gigi ini akan digunakan Si Kecil untuk mengunyah, karena permukaannya yang rata seperti penumbuk.

 

4. Berikutnya, gigi-gigi panjang dan tajam (gigi taring) akan muncul di kedua rahang.

 

5. Terakhir, rangkaian 4 geraham ke-2 akan muncul di bagian belakang mulut anak. Jumlah seluruh gigi anak pun menjadi lengkap 20 gigi susu. (Deonisia/DC/Dok. M&B)