Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Lakukan Eksfoliasi untuk Kulit Lebih Bercahaya!

Lakukan Eksfoliasi untuk Kulit Lebih Bercahaya!

Bagi wanita, kesehatan kulit wajah adalah hal yang amat penting. Namun aktivitas sehari-hari, seperti penggunaan make up atau debu dari jalan, dapat membuat kulit wajah kusam, kotor, dan kering. Anda mungkin selalu membersihkan kulit wajah, namun mencuci muka saja ternyata tidak cukup.

 

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah dapat menutup pori-pori kulit, sehingga penggunaan perawatan kulit wajah tidak terserap maksimal. Salah satu cara agar kulit wajah senantiasa cerah dan sehat adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi.

 

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati pada wajah. Dengan eksfoliasi, pori-pori kulit wajah dapat terbebas dari debu dan kotoran yang menumpuk, sehingga kulit wajah menjadi lebih bersih dan cerah. Sebenarnya, sel kulit wajah dapat melakukan eksfoliasi secara alami, namun seiring dengan pertambahan usia proses eksfoliasi alami ini ikut melambat dan harus dibantu dengan eksfoliasi tambahan.

 

Eksfoliasi dapat dilakukan dengan metode mekanis, yaitu scrubbing atau metode kimia, seperti chemical peeling. Prosesnya tidak sulit, bahkan Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan cara scrubbing. Pilihlah produk dengan butiran yang halus dan bulat.

 

Apabila kulit kering, Anda dapat melakukan eksfoliasi maksimal 2 kali seminggu. Pilih produk yang mengandung formula dengan tingkat kelembapan tinggi, serta memiliki enzim dan acid. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, lakukan eksfoliasi sebanyak 3 kali seminggu dan pilih produk yang memiliki kandungan salicylic acid. Jika sedang berjerawat, sebaiknya hindari penggunaan scrub hingga kulit kembali normal. (Iqra/DC/Dok. Stockimages/Freedigitalphotos)