Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Pertolongan Pertama Jika Si Kecil Tersedak

Pertolongan Pertama Jika Si Kecil Tersedak

Bayi dan balita sering kali tersedak. Tanda-tandanya antara lain susah bernapas, wajah dan leher memerah, mengeluarkan suara aneh, atau tidak bersuara sama sekali.

 

Saat tersedak, usahakan agar ia terbatuk, sehingga saluran udaranya tidak tertutup. Tepuk lembut punggung Si Kecil untuk membantunya terbatuk dan mengeluarkan benda yang membuatnya tersedak. Jika cara itu tidak berhasil, ikuti langkah berikut.

 

1. Pegang Si Kecil, letakkan di atas lengan atau pangkuan Anda dengan posisi kepala lebih rendah. Hadapkan wajahnya ke atas, buka mulutnya pelan-pelan, masukkan 2 jari Anda di atas lidahnya. Jika terlihat sesuatu, keluarkan dengan buku jari kelingking Anda. Hati-hati, jangan sampai menyentuh tenggorokannya.

 

2. Apabila tidak berhasil, tetap tengadahkan wajahnya ke atas dengan posisi kepala lebih rendah. Tekan bagian tengah dada, tepat bagian bawah puting susunya dengan 2 ujung jari Anda. Lakukan 5 kali tekanan ke bagian dada. Periksa lagi mulutnya.

 

3. Kalau benda yang tertelan belum keluar juga, segera hubungi dokter. Ulangi langkah 1 dan 2 sampai bantuan tiba. (Aulia/DC/Dok. M&B)