Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ternyata, Wanita Menjadi Lebih Produktif setelah Melahirkan!

Ternyata, Wanita Menjadi Lebih Produktif setelah Melahirkan!

Banyak yang bilang, setelah menjadi ibu, produktivitas seorang wanita akan berkurang dan cenderung malas. Itu hanya mitos semata, Moms! Banyak ibu-ibu baru yang malah lebih cekatan dalam mengerjakan sesuatu. Para peneliti mengklaim bahwa ibu baru justru cenderung lebih produktif, daripada sebelum mereka melahirkan.

 

New Scientist melaporkan, hal tersebut terjadi karena cara berpikir wanita yang sudah melahirkan akan lebih strategis. Secara spontan, mereka akan berusaha mengatasi stres, yang lebih rentan menyerang setelah Si Kecil lahir. Secara khusus, dapat dikatakan pula, melahirkan anak dapat meningkatkan fungsi otak ibu, yang secara tidak langsung juga meningkatkan ketahanan emosional mereka.

 

Walau beberapa ibu hamil diduga mengalami baby brain, tetapi para ilmuwan menetapkan bahwa otak seorang ibu akan lebih besar dan produktif setelah melahirkan. Dalam 4 bulan pertama setelah melahirkan, daerah pada otak yang berperan dalam penalaran, penilaian, dan empati akan meluas. Itu sebabnya, ibu menjadi lebih emosional dan tangguh. Namun, di sisi lain mereka akan lebih tertekan. Inilah yang membuatnya mudah stres.

 

“Setelah menjadi ibu, Anda akan berpikir lebih efisien dalam mengambil keputusan. Anda juga menjadi lebih emosional dan tangguh. Anda bisa multitasking, mahir dalam perencanaan, dan lebih cepat memecahkan masalah yang berbeda,” ungkap ilmuwan Inggris, Kelly Lambert, seperti dikutip dari Daily Mail.

 

Studi dari Yale University di AS menemukan bahwa daerah materi abu-abu pada bagian otak wanita akan meluas beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah mereka melahirkan. Pada masa itu, wanita pun akan mengalami ledakan terbesar pada sel-sel otaknya. (Aulia/DC/Dok. M&B)