Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Praktis Mengatasi Sakit Kepala

6 Cara Praktis Mengatasi Sakit Kepala

Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan atau kurang tidur, kerap membuat Anda sakit kepala. Menurut Dr. Don R. Powell, Ph.D, sakit kepala yang umum dialami adalah sakit kepala muskuler. Sakit kepala tersebut membuat Anda merasakan ketegangan di dahi, pelipis, atau daerah kepala bagian belakang.  

 

Ketegangan bawah sadar yang menyerang muka, leher, atau otot-otot tengkuk menyebabkan rasa sakit yang membandel dan terus-menerus menyerang tanpa henti. Doktor Don menambahkan, terperangkap dalam pekerjaan yang membosankan atau terlalu lama membaca sering kali dianggap sebagai penyebab sakit kepala muskuler. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala tersebut, seperti berikut.

 

1. Istirahatlah dalam ruangan yang tenang, gelap, dan pejamkan mata Anda.

 

2. Pijat pangkal tengkorak dengan ibu jari. Mulai dari telinga, kemudian ke pusat kepala bagian belakang. Pijat juga dahi pada kedua sisi dengan pelan-pelan.

 

3. Mandilah dengan air hangat untuk efek relaksasi.

 

4. Kompres daerah mata Anda dengan sapu tangan atau handuk dingin.

 

5. Minumlah aspirin dalam dosis yang disarankan atau gunakan obat lain pengganti aspirin sesuai anjuran dokter.

 

6. Lakukan teknik relaksasi seperti membayangkan panorama yang tenang dan damai. Ambil napas dalam-dalam dan hembuskan, seperti meditasi. (Lydia Natasha/DC/Dok. Freedigitalphotos)