Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Hal yang Menentukan Kesehatan Finansial Anda

8 Hal yang Menentukan Kesehatan Finansial Anda

Semua orang tentu ingin memiliki kondisi keuangan atau finansial yang baik. Menurut Prita Hapsari Ghozie, financial planner dan penulis buku Make it Happen!, ada 8 area yang harus diperhatikan untuk menentukan kesehatan keuangan Anda. Apa saja? 

 

Memiliki Dana Darurat

Anda harus memiliki dana darurat setidaknya 3 kali pengeluaran rutin bulanan. Jika tiap bulan Anda mengeluarkan 5 juta rupiah untuk biaya hidup, jumlah dana darurat yang Anda miliki minimal 15 juta rupiah. Namun, Prita menyarankan agar Anda menargetkan 12 kali pengeluaran rutin bulanan, karena kondisi ekonomi global yang masih kurang menentu.

 

Mampu Mengelola Utang
Jumlah total pembayaran segala cicilan utang Anda tidak boleh lebih dari 35 persen penghasilan rutin bulanan. Khusus untuk cicilan kredit perumahan, porsinya jangan lebih dari 30 persen penghasilan rutin bulanan. Hal ini diperlukan agar Anda tidak perlu kerja ekstra untuk membayar utang yang dimiliki.

 

Punya Rumah Tinggal
Tiga kebutuhan utama manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Jadi, memiliki rumah tinggal seharusnya menjadi penentu kesehatan keuangan Anda. Prita mengatakan, daripada Anda memiliki cicilan gadget setiap ada model baru keluar, lebih baik Anda memiliki cicilan rumah.

 

Punya Dana Pendidikan
Pastikan Anda sudah menghitung kebutuhan dana pendidikan Si Kecil dan berinvestasi untuk mencapainya. Kenaikan biaya pendidikan rata-rata bisa mencapai 15 persen per tahun. Karena itu, Anda harus berjaga-jaga untuk masa depannya.

 

Tabungan Hari Tua
Jika Anda seorang karyawan, tentu suatu saat akan pensiun. Jika Anda memiliki sebuah bisnis, ada masanya, Anda harus meneruskan bisnis kepada anak. Karena itu, merencanakan dana hari tua sangat vital untuk Anda. 

 

Pengendalian Gaya Hidup

Memiliki gaya hidup yang tinggi tidak dilarang. Namun pastikan, Anda memiliki penghasilan untuk membiayai itu semua, tidak dengan utang. Ingat bahwa Penghasilan itu sama dengan pengeluaran ditambah tabungan.

 

Punya Asuransi
Kejadian seperti sakit keras atau musibah yang melenyapkan rumah, dapat menghancurkan kesehatan keuangan Anda. Proteksi diri Anda dan keluarga dengan asuransi. Pastikan Anda memiliki asuransi yang benar-benar dibutuhkan oleh keluarga.

 

Penyebaran Aset
Apakah aset Anda hanya ada di rumah tinggal atau sudah tersebar dalam berbagai bentuk aset finansial? Ataukah hampir semua uang Anda ada dalam tabungan dan deposito saja? Sebaiknya, pertimbangkan untuk menyebar aset dalam berbagai bentuk sebagai investasi yang berguna untuk masa depan. (Lydia Natasha/DC/Dok. Freedigitalphotos)