Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Yuk, Ajarkan Balita Menyayangi Bumi!

Yuk, Ajarkan Balita Menyayangi Bumi!

Selain menyayangi sesama, Anda juga perlu mengajak Si Kecil menyayangi alam sekitarnya. Hal itu harus dilakukan dengan cara menyenangkan, supaya ia mengerti bahwa menjaga, merawat, dan memelihara alam sekitarnya bukan sebuah beban, tetapi justru mengasyikkan. Apa saja yang bisa dilakukan? 

 

Hemat Listrik
Coba sesekali Anda mematikan aliran listrik rumah, kemudian tunggu hingga beberapa jam. Saat Si Kecil mulai mengeluh, jelaskan bahwa listrik sangat penting untuk kehidupan. Bumi memiliki batas untuk menghasilkan energi listrik, sehingga perlu dihemat. Tanyakan kalau Si Kecil tidak hemat listrik, apakah ia siap jika di masa depan tidak ada listrik lagi?

 

Menghemat Air
Siapkan ember kecil yang berisi air dan bebek karet untuk bermain bersama Si Kecil. Bila ia bermain sambil membuang-buang air, tenangkan dirinya. Katakan kepadanya bahwa jika air dibuang-buang, bebek tidak akan bisa berenang lagi. Kemudian, jelaskan pula kalau air di bumi ini bisa habis bila tidak digunakan dengan bijak. Akibatnya, makhluk hidup yang tinggal di bumi akan kekurangan air untuk melakukan banyak aktivitas, seperti mandi dan minum.

 

Membersihkan Pantai
Biasanya, banyak sampah berserakan di pantai. Karenanya, sebelum bermain ke sana, siapkan kantong sampah dan sarung tangan plastik. Saat mengajak Si Kecil berjalan-jalan di sepanjang pantai, jelaskan bahwa sampah-sampah tersebut bisa terbawa oleh air laut yang mengalami pasang surut menuju lautan.

 

Berikan kantung plastik kepadanya, lalu ajak ia mengumpulkan sampah selama 1 jam. Setelah itu, Anda bisa memberikan penghargaan atas kerja kerasnya dengan makan es krim bersama! (DA/Sagar/DC/Dok. David Castillo Dominici/Freedigitalphotos)

 

Untuk mengenalkan berbagai jenis cinta kepada Si Kecil, yuk cek Special Section: Spread The Love di majalah Mother&Baby edisi Februari 2016, Moms!