Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Cepat Membersihkan Rumah

Tips Cepat Membersihkan Rumah

Fokus mengurus Si Kecil sering kali membuat Anda 'mengabaikan' pekerjaan rumah tangga. Apalagi, jika tidak ada asisten rumah tangga yang membantu. Terapkan tips quick cleaning dari M&B berikut ini, agar rumah Anda tetap bersih dan nyaman. 

 

  • Bersihkan 3 hal utama. Pertama, cuci peralatan makan yang kotor terlebih dahulu. Ke-2, sapu lantai rumah Anda. Ke-3, bersihkan tempat tidur Anda dan Si Kecil. Jika 3 hal tersebut sudah Anda bersihkan, rumah pun akan terlihat lebih rapi.

 

  • Tentukan prioritas. Pilih area mana saja di rumah yang harus Anda bersihkan. Lalu, buat list prioritas, misalnya membersihkan kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan lainnya. Catat agar Anda tidak lupa, hal ini sangat penting untuk menentukan fokus dan mempersingkat waktu.

 

  • Gunakan lap sekali pakai untuk membersihkan kotoran di meja atau lantai dengan cepat. Gunakan lap antibakteri untuk membersihkan permukaan kompor, gagang pintu, kitchen set, hingga peralatan mandi.

 

  • Berikan perhatian khusus pada kamar mandi. Bersihkan toilet dengan menyikatnya. Semprotkan cairan disinfektan ke semua lantai, sikat dengan cepat tanpa harus berjam-jam mengurung diri membersihkan kamar mandi.

 

  • Miliki kontainer untuk menyimpan barang. Ini penting agar barang-barang di rumah tidak berantakan. Sediakan kontainer yang berbeda untuk baju kotor, mainan anak, baju yang belum disetrika, dan lainnya. Minta anggota keluarga untuk memasukkan barang di kontainer sesuai jenisnya dan membantu Anda merapikan rumah dengan cepat.

 

  • Bersihkan debu. Seminggu sekali, sediakan waktu khusus selama 1-2 jam untuk membersihkan debu di meja, pajangan, atau frame foto yang ada di rumah Anda. Jangan lupa semprotkan pengharum ruangan agar rumah terasa segar dan wangi. (Lydia Natasha/DC/Dok. Freedigitalphotos)