Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Kelebihan Ibu Baru saat Kembali Bekerja

5 Kelebihan Ibu Baru saat Kembali Bekerja

Kembali bekerja setelah melahirkan mungkin terasa sulit. Apalagi, jika Anda khawatir telah kehilangan 'kemampuan' atau merasa tidak percaya diri dan gugup untuk kembali ke kantor. Namun percaya atau tidak, naluri keibuan dan keahlian-keahlian yang merupakan hasil dari memiliki bayi juga dapat memberi keuntungan di kantor lho, Moms. Apa saja?

 

1. Lebih sabar. Butuh kesabaran tinggi ketika menidurkan Si kecil atau mengganti popoknya di malam hari. "Hal itu pun akan memengaruhi penerimaan Anda pada cara kerja orang lain di kantor. Anda akan semakin mampu bekerja dalam tim dan lebih memiliki empati,"  ujar Jessica Chiver, penulis Mothers Work! How to Get a Grip on Guilt and Make a Smooth Return to Work

 

2. Memiliki keahlian manajemen. Keahlian ini mungkin tak disadari hingga bayi Anda mulai berjalan dan Anda memberikan pujian, serta motivasi kepadanya. Pujian dan motivasi ini akan membantu Si Kecil menjadi lebih percaya diri dan mandiri. Keahlian yang sama akan menjadikan Anda sebagai manajer yang dapat memotivasi dan melatih staf untuk terus belajar mengasah kemampuannya.

 

3. Mengabaikan hal yang tak penting. Menurut riset, 2 dari 5 manajer percaya bahwa ibu dapat bekerja lebih cepat dan memiliki motivasi lebih tinggi. Menurut Nicola de Burlet, PR kecantikan senior, menjadi ibu membuat pikiran Anda lebih fokus. "Siapa lagi yang mampu mengganti popok di jok belakang mobil selagi anak berteriak-teriak? Hanya seorang ibu!" ujar Nicola.

 

4. Selalu melakukan yang terbaik. Karpet terkena tumpahan susu atau tembok yang dicorat-coret Si Kecil adalah hal lumrah yang dihadapi para ibu. Sebagai ibu, Anda pun 'dipaksa; pasrah pada kekacauan tak terduga dan tetap melakukan yang terbaik untuknya. Ini sangat ampuh digunakan saat Anda berhadapan dengan presentasi yang menegangkan atau atasan galak di kantor.

 

Mau tak mau, Anda akan melakukan yang terbaik dalam pekerjaan Anda, karena hasilnya juga untuk keluarga Anda. "Memiliki anak membuat Anda berpikir dengan cara yang sangat berbeda, lebih sedikit tentangmu dan lebih banyak tentang orang lain," ujar Lily Allen, penyanyo dam ibu dari 2 anak.

 

5. Hebat mengatur waktu. Saat menjadi ibu, 1 hari terasa sangat cepat. Sebelum ke kantor, Anda terburu-buru mengerjakan berbagai kegiatan di rumah, seperti menyiapkan bekal makan siang hingga membersihkan bekas biskuit di lantai. Menjadi ibu juga menuntut Anda untuk pintar membagi waktu.

 

"Ketika memiliki bayi, ada beberapa hal yang harus dikerjakan pada waktu-waktu tertentu. Ini keterampilan yang bermanfaat di kantor saat Anda ditugaskan mengerjakan berbagai proyek dan harus bisa membuat prioritas," ujar Tracey Woodward, anggota dewan Prince's Trust dan ibu dari 2 anak. Jadi, banggalah dengan status Anda sebagai ibu bekerja, Moms! (DT/Lydia Natasha/DC/Dok. M&B)