Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Bahasa Cinta untuk Si Kecil

5 Bahasa Cinta untuk Si Kecil

Gary Chapman, penulis The 5 LoveLanguages, mengatakan, memberikan cinta kepada seseorang akan lebih mengena jika Anda mengetahui bahasa cinta yang tepat untuknya. Cinta bukan hanya soal kenyamanan dan ketulusan, tetapi juga ketepatan dalam menyampaikannya. Berikut 5 jenis bahasa cinta yang dapat Anda pelajari untuk mengungkapkan cinta kepada Si Kecil:

 

1. Ungkapan kata. Bagi anak yang membutuhkan bahasa cinta ini, perkataan jauh lebih penting daripada tindakan. Ia sangat senang mendengar Anda berkata, "Mama sayang kepadamu, karena kamu anak yang baik," atau "Mama sayang deh sama Kakak." Kata-kata pujian dan apresiasi yang diungkapkan melalui kalimat indah merupakan kekuatan dari bahasa cinta ini.

 

2. Waktu berkualitas. Meluangkan waktu dan memusatkan perhatian hanya kepada Si Kecil adalah hal yang harus Anda lakukan. Anak yang memiliki bahasa cinta ini biasanya sangat kritis. Ia akan protes jika Anda melakukan kegiatan lain saat sudah berjanji akan menghabiskan waktu bersamanya. Anda juga bisa mendengarkan ocehannya saat mengantarnya ke sekolah dan tanyakan apa yang sudah dilaluinya seharian. Dengan begitu, ia akan merasa sangat dicintai.

 

3. Hadiah. Memiliki bahasa cinta berupa 'hadiah' tidak berarti membuat Si Kecil tumbuh menjadi sosok yang materialistis. Memberikan hadiah juga tak hanya mementingkan isi, namun bahasa tubuh saat Anda memberikannya. Berusahalah untuk tidak lupa memberikan hadiah bagi Si Kecil di hari-hari pentingnya, seperti ulang tahun, menang lomba, naik kelas, dan lainnya.

 

4. Pelayanan. Anak dengan bahasa cinta ini sangat senang dilayani. Tetapi, jangan sampai Anda terjebak untuk meloloskan semua keinginannya. Sebagai orangtua, Anda harus tetap bisa bersikap tegas dalam menentukan mana yang harus ia lakukan sendiri dan mana yang boleh Anda layani. Ada berbagai bentuk pelayanan yang dapat Anda lakukan, misalnya memijat kaki Si Kecil saat ia sudah mau sabar menemani Anda berbelanja atau membuatkan susu hangat saat ia tidak bisa tidur di malam hari.

 

5. Sentuhan fisik. Segala sentuhan yang Anda berikan kepada Si Kecil sangat berarti, jika ia memiliki bahasa cinta ini. Tidak hanya pelukan, tetapi juga kecupan, rangkulan, bahkan usapan lembut di kepalanya akan membuat ia merasa sangat dicintai. Saat Si Kecil tampak resah, berikan ia pelukan untuk menenangkan dan menyamankannya. (M&B Life/Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)