Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mendidik Anak dengan Metode CARE

Mendidik Anak dengan Metode CARE

Mendidik anak memang tidak mudah, karena setiap anak dilahirkan dengan keunikan tersendiri. Menurut Dr. James Van Horn, profesor dari Pennsylvania State University, orangtua merupakan kunci utama perilaku anak di masa depan. Untuk menghindari perilaku buruk anak di masa depan, Anda bisa menerapkan berbagai metode yang mendukung, salah satunya dengan metode consideration, appreciation, respect, dan empathy (CARE) berikut ini:

 

Consideration
Pertimbangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan Si Kecil. Buatlah suatu prioritas kebutuhan dan efeknya terhadap masa depan Si Kecil.

 

Appreciation
Anda perlu mengapresiasi setiap hasil kerja keras Si Kecil. Paling tidak, berikan ucapan “terima kasih” atau sekadar pelukan dan ciuman kasih sayang terhadap setiap usaha yang ia lakukan. Bila mengalami kegagalan, berikan Si Kecil dukungan agar ia tidak merasa rendah diri dan malu.

 

Respect
Bukan hanya Anda sebagai orangtua yang perlu dihormati, tetapi juga Si Kecil. Ia perlu diberikan penghormatan atas pilihan kegiatan yang dilakukan. Dengan menghormati Si Kecil, ia tentu akan menghargai dan menyayangi Anda dengan tulus.

 

Empathy
Empati merupakan kegiatan yang membutuhkan proses, karena memerlukan pemahaman terhadap suatu masalah dan sensitivitas Anda. Mengajarkan empati bisa diawali dengan menghibur Si Kecil saat ia merasa sedih ataupun mendengarkan ceritanya. (AD/Aulia/DC/Dok. M&B)