Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Menjadi Ayah Siaga!

5 Tips Menjadi Ayah Siaga!

Begitu menjadi ayah, Anda harus membiasakan diri untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Anda juga harus bisa menjadi ayah yang siap siaga menghadapi kebutuhan dan persoalan Si Kecil. Ikuti tips Mother&Baby ini, Dads!

 

1. Si Kecil tumbuh gigi

Saat tumbuh gigi, Si Kecil terkadang menjadi lebih rewel. Karenanya, Anda harus memiliki 'senjata' untuk menenangkannya, Dads. Rebus wortel atau jagung manis dan siapkan camilan hangat agar bisa disantap oleh Si Kecil dengan nyaman. Jika hari agak panas, sediakan potongan kecil apel, pir, dan melon untuk dikonsumsi olehnya.

 

2. Serbuan buang angin

Jika Si Kecil sering buang angin, pijat perlahan perutnya searah jarum jam. Kemudian tekuk lutut kakinya perlahan, dorong, dan luruskan. Jika ia mengalami sembelit, Anda bisa mengajaknya berendam di air hangat sembari memijat lebut perutnya agar ia bisa buang air besar.

 

3. Mengganti popok

Ada saatnya istri Anda tidak dapat mengganti popok Si Kecil karena suatu hal. Jangan khawatir, Dads! Bentangkan popok, dan letakkan Si Kecil di atasnya. Balut popok dari belakang ke depan melewati kedua kakinya. Terakhir, rekatkan perekat yang ada di samping popok atau ikat tali popok jika ia memakai popok kain.

 

4. Demam

Saat Si Kecil demam, ingatlah bahwa itu merupakan mekanisme pertahanan tubuh. Jika demamnya masih di bawah 39o Celcius dan disertai batuk-pilek, Anda tidak perlu khawatir. Terus lakukan observasi sembari memenuhi kebutuhan asupan dan cairannya. Jangan lupa untuk memeluk Si Kecil, karena skin to skin contact biasanya ampuh untuk menurunkan panas. Jika demam berlanjut dan tak kunjung reda, segera bawa Si Kecil ke dokter.

 

5. Tangisan tanpa henti

Jika Si Kecil menangis tanpa henti, alihkan perhatiannya. Gendong ia dan ajak bicara atau menyanyi. Anda juga bisa memutar musik lembut untuk menenangkannya. Coba juga resep white noise, Dads! Nyalakan hair dryer atau kipas angin, karena suara konstannya memiliki efek menenangkan. (SR/Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)