Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Max 'Menaklukkan' 17 Gunung di Usia 3 Tahun

Max 'Menaklukkan' 17 Gunung di Usia 3 Tahun

Maxwell Amertha (Max) mungkin bisa dinobatkan sebagai balita paling tangguh di Indonesia. Bayangkan saja, di usianya yang baru 3 tahun, ia sudah menjejakkan kaki ke beberapa gunung di Indonesia. Max sudah diajak mendaki oleh ibunya, Nyoman Sakyarsih atau Nyomie, sejak berusia 5 bulan.

 

Awalnya, Max hanya dibawa ke Gunung Bromo, Jawa Timur. Namun karena ia tampak sangat menikmati pendakian tersebut, Sang Ibu akhirnya membawanya bertualang ke gunung-gunung lainnya, seperti Gunung Batur, Puncak Prau, Gunung Rinjani, Ijen, dan Semeru. Hingga saat ini, tercatat sekitar 17 gunung sudah pernah Max singgahi.

 


Di awal mengajak Max mendaki gunung, Nyomie selalu menggendongnya dengan gendongan khusus untuk sampai ke puncak. Terkadang, ia juga digendong oleh sahabat-sahabat Nyomie yang ikut pendakian. Ketika Max berusia 1 tahun 11 bulan, Nyomie baru mengizinkannya berjalan sendiri, namun tentu tetap dalam pengawasannya.

 

Max pun tergolong anak yang cerdas, ia sudah bisa memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di gunung. Karenanya, Nyomie selalu merasa aman setiap kali membawanya ke gunung. Selain itu, selalu ada keseruan yang mereka alami selama perjalanan.

 

Nyomie mengaku, tidak pernah memaksakan diri untuk mendaki hingga ke puncak. Jika cuaca buruk, ia memilih untuk tidak melanjutkan pendakian demi keselamatan Max. Nyomie mengatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk menjejakkan kaki ke gunung-gunung di luar negeri. Good luck, Nyomie dan Max! (Meiskhe/DC/Dok. Instagram Nyomie)