Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ajak Si Kecil Menabung, Yuk!

Ajak Si Kecil Menabung, Yuk!


Mengajarkan Si Kecil menabung sejak dini dapat mendidiknya menjadi lebih bertanggung jawab, berhemat serta bisa belajar untuk memenuhi kebutuhannya sendiri kelak di kemudian hari. Maka dari itu, menabung perlu diajarkan sejak usia dini agar karakter si Kecil bisa terbentuk dan menghindari perilaku konsumtif. Berikut beberapa cara agar si Kecil gemar menabung:

 

1. Belikan Celengan Lucu
Agar kegiatan menabung lebih seru, ajak si Kecil memilih celengan yang ia suka. Si Kecil akan semakin semangat menabung!

 

2. Tentukan Prioritas dan Tujuan
Kenalkan si Kecil dengan kebutuhan dan keinginan, dan ajarkan bila kebutuhan adalah prioritas utama yang harus dibeli bila tabungan sudah mencukupi. Misalnya, si Kecil lebih membutuhkan buku sekolah dibanding mainan. Selain prioritas, si Kecil juga diajarkan untuk menentukan tujuan menabung. Misal si Kecil ingin membeli mainan, maka cek harganya dan hitung berapa jumlah uang yang perlu ditabung. Dengan kegiatan ini, si Kecil akan mengerti bahwa untuk mendapatkan sesuatu, seseorang harus berusaha.


3. Mulai Berhemat
Ajarkan si Kecil untuk mengelola keuangan agar tidak terlalu boros. Berikan si Kecil pengertian kalau uang yang ditabung tidak harus langsung dihabiskan.

 

4. Berikan Contoh
Anda adalah role model bagi si Kecil, maka menabunglah bersama si Kecil. Bila nanti uang sudah terkumpul, ajak si Kecil untuk beli barang yang ia impikan. Selamat menabung bersama si Kecil ya, Moms! (Seva/TW/Dok. M&B)