Type Keyword(s) to Search

Ingat! Kembar Tidak Harus Selalu Sama

Ingat! Kembar Tidak Harus Selalu Sama
twin baby

Memiliki anak kembar tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Berbagai persiapan baik mental, tenaga, hingga finansial pun sudah harus dipikirkan sejak masa kehamilan. Menjelang melahirkan, perlengkapan seperti baju dan berbagai aksesoris yang sama biasanya juga sudah disiapkan. Tetapi, mempunyai bayi kembar ternyata tidak harus selalu menggunakan barang yang sama lho, Moms.

 

“Bayi kembar 2 atau 3, identik atau tidak, tetap memiliki karakter masing–masing. Jadi, asuhlah mereka sesuai  karakternya dan orangtua harus bisa bersikap adil,” ujar psikolog Annelia Sari Sani, S.Psi, saat ditemui di acara peluncuran buku Anti Panik Menghadapi Bayi 0-3 Tahun beberapa waktu lalu.

 

Salah satu masalah yang harus dihadapi anak kembar adalah memunculkan sense of self-identity sebagai pribadi yang utuh. Padahal, mereka sebetulnya tidak 1 paket, melainkan 2 pribadi yang utuh dan mempunyai keunikan berbeda.

 

“Anak kembar sebaiknya tetap dibedakan, jangan sampai salah satunya hanya menjadi follower dari yang lain. Perlu diingat bahwa ketika dewasa, mereka akan mempunyai pasangan yang berbeda, pekerjaan yang berbeda, dan lainnya,“ tegas Annelia Sari (Seva Dwi/DC/Dok. M&B)