Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tertawa Tingkatkan Memori Anak

Tertawa Tingkatkan Memori Anak
anak tertawa

Tahukah Anda jika tertawa merupakan obat terbaik untuk otak dan kesehatan tubuh? Bukan hanya menyenangkan bagi Anda dan Si Kecil, gelak tawa dilaporkan dapat membantu Si Kecil belajar dengan cepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak untuk menyerap pelajaran dan mengingat informasi akan meningkat 67 persen bila ia sedang tertawa. Penelitian tersebut dilakukan oleh Pocoyo, pembuat program televisi untuk anak-anak pra-sekolah yang bekerja sama dengan ahli psikologi Dr. Davis Lewis.

 

“Program edukasi yang lucu akan mendorong anak untuk rileks dan bersikap positif terhadap proses belajar. Tertawa membantu otak bekerja lebih baik,” ungkap Dr. Davis. Ini terjadi karena tawa melibatkan beberapa titik di seluruh bagian otak. Tertawa dapat mengaktifkan area otak Si Kecil yang penting digunakan untuk belajar dan mengasah kreativitas. Psikolog Daniel Goleman mencatat dalam buku yang ditulisnya, Emotional Intelligence, tertawa dapat membantu seseorang berpikir lebih luas dan lebih bebas, begitu juga dengan anak-anak.

 

Selain itu, beberapa penelitian lainnya juga melaporkan bahwa kehidupan yang menyenangkan dan dikelilingi banyak teman juga dapat bermanfaat bagi kemampuan kognitif. Berinteraksi dengan orang lain juga dapat menstimulasi otak Si Kecil. Itu sebabnya, bersosialisasi bisa membawa pengaruh yang baik bagi perkembangan memori otaknya. Melalui sosialisasi, ia juga akan menemukan banyak hal yang menyenangkan. (Aulia/DMO/Dok. M&B)