Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Beragam Interaksi yang Penting bagi Perkembangan Janin

Beragam Interaksi yang Penting bagi Perkembangan Janin

Kehamilan adalah masa yang sangat berharga dan menjadi momen di mana Anda bisa intim dengan Si Janin. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan momen tersebut, salah satunya berinteraksi dengannya. Hal itu juga dapat memberikan stimulasi yang baik bagi janin lho, Moms. Berikut beberapa stimulasi yang bisa Anda lakukan!

 

1. Stimulasi pendengaran

Ajaklah janin Anda berbicara sesering mungkin, karena sejak usia 21-24 minggu, ia mulai bisa mendengar suara. Hal ini membuat janin dapat mengenal suara Anda dan membentuk bonding Anda dengannya. Beberapa penelitian mengungkapkan, bayi yang sering diajak bercerita sejak dalam kandungan akan lebih mudah berbicara lho, Moms.

 

2. Stimulasi motorik

Sentuhan dan tepukan yang Anda berikan selama hamil sudah bisa dirasakan oleh janin. Tidak hanya itu, ia juga dapat membalas sentuhan Anda dengan tendangannya jika usia kandungan sudah semakin besar.

 

3. Stimulasi sensorik
Saat otak Anda bekerja, berarti Anda telah memberikan stimulasi sensorik terhadap otak janin. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah membaca, menghitung, dan menulis.

 

Selain berinteraksi dengan janin, masih banyak hal lain yang dapat Anda lakukan untuk semakin intim dengannya. Baca artikel lengkapnya di majalah Mother&Baby Indonesia edisi Juni 2016. (DA/Nadia/DC/Dok. M&B)

 

Baca Juga:

Moms, Inilah yang Terjadi pada Janin di Perut Anda!

Penyebab Pertumbuhan Janin Terhambat

Cara Menghitung Gerakan Janin

Nutrisi Ibu Hamil Pembentuk Otak Janin

Virus Zika Sebabkan Bayi Lahir Berkepala Kecil

Jangan Paksa Anak Tidur