Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik

5 Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik
mudik

Lebaran sudah dekat! Sebagian dari Anda, pasti sudah siap untuk berangkat mudik. Namun sebelumnya, pastikan Anda meninggalkan rumah dalam keadaan aman, agar tidak memancing kecelakaan seperti kebakaran juga kejahatan. Berikut 5 langkah yang dapat dilakukan, supaya Anda dan keluarga merasa lebih aman saat meninggalkan rumah.

 

1. Jangan perlihatkan rumah dalam keadaan kosong!

Memperlihatkan rumah dalam keadaan kosong tentu akan mengundang perhatian pencuri. Lampu yang menyala di siang hari merupakan salah satu tanda bahwa rumah Anda kosong. Karenanya, gunakan lampu yang bisa diatur waktu menyalanya. Aturlah agar lampu menyala saat malam dan mati di siang hari. Dengan begitu, rumah tidak akan terlihat kosong.

 

2. Laporkan kepergian kepada ketua RT, satpam, dan tetangga terdekat
Beritahukan ketua RT, satpam, dan tetangga terdekat yang tidak mudik bahwa Anda akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Catat nomor ponsel satpam yang dapat dihubungi untuk mengecek keadaan rumah. Informasikan pula kepada mereka kalau Anda tidak menerima tamu atau keluarga selama mudik. Jadi, mereka bisa segera memberitahukan Anda bila terdapat aktivitas yang mencurigakan di rumah.

 

3. Pastikan rumah aman sebelum ditinggalkan
Sebelum meninggalkan rumah, lepas regulator tabung gas, karena meski tidak dipakai, gas akan tetap mengalir ke selang yang terpasang pada tabung. Listrik juga perlu diperhatikan! Matikan semua aliran listrik yang tidak diperlukan seperti televisi, AC, kipas angin, komputer, dan lainnya yang dapat menimbulkan korsleting, sehingga memicu kebakaran. Jangan lupa, kunci dan gembok segala akses masuk serta keluar rumah Anda seperti pintu, jendela, dan pagar.

 

4. Pasang CCTV

Jika memiliki dana lebih, Anda dapat memasang Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa sudut rumah. CCTV ini dapat dihubungkan langsung dengan smartphone Anda, sehingga Anda bisa tetap mengawasi rumah dari jauh. 

 

5. Simpan barang berharga
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya jika Anda menyimpan barang berharga di tempat paling tersembunyi di rumah. Anda juga dapat menggunakan safe deposit box di bank untuk menyimpan barang berharga tersebut agar lebih aman. Selamat mudik, Moms! (Seva/DC/Dok. Freedigitalphoto)