Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tips Mudik dengan Si Kecil Naik Mobil, Kereta, Pesawat

Tips Mudik dengan Si Kecil Naik Mobil, Kereta, Pesawat

Saat lebaran, rasanya tidak lengkap jika tidak mudik ke kampung halaman dan bersilaturahmi bersama keluarga besar. Namun jika harus mengajak Si Kecil, Anda mungkin khawatir dengan kesiapan dan kondisinya selama mudik. Berikut beberapa tips dari M&B, agar Anda nyaman mudik bersama Si Kecil berdasarkan moda transportasi yang digunakan.

 

Mudik Naik Pesawat

1. Jika mudik menggunakan pesawat, Anda akan banyak 'diminta' untuk menunggu. Dari menunggu waktu boarding sampai menunggu pesawat untuk terbang ketika sudah berada di dalamnya. Bawalah beberapa barang yang dapat membuat Si Kecil sibuk, seperti buku mewarnai, mainan magnet, dan gadget yang berisi aplikasi favorit Si Kecil. Hindari mainan kecil seperti puzzle dan lego karena mudah jatuh.

 

2. Jangan lupa membawa headphone untuk Si Kecil. Dengan begitu, ia bisa menikmati tontonan yang disediakan di dalam pesawat atau mendengarkan suara di gadget tanpa mengganggu penumpang lainnya. Telinganya pun akan terlindungi dari suara bising pesawat.

 

3. Sebaiknya lakukan web check-in dan print boarding pass dari rumah, agar tidak kerepotan saat di bandara. Anda tidak pernah tahu, bagaimana reaksi dan mood Si Kecil ketika berada di sana.

 

4. Pastikan Anda membawa camilan, makanan, dan susu dengan porsi cukup banyak untuk mengantisipasi kemungkinan pesawat delay.

 

5. Anda mungkin tidak akan lupa membawa baju ganti untuk Si Kecil, tetapi jangan lupa pula membawa baju ganti untuk Anda. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi jika Anda terkena muntahan atau kotoran ketika mengurus Si Kecil di atas pesawat.

 

6. Gunakan tas ransel agar kedua tangan Anda bebas menggandeng atau menggendong Si Kecil dan membawa peralatan lainnya. Anda dapat memilih berbagai merk tas ransel yang juga berfungsi sebagai diaper bag, seperti Skip Hop Forma Backpack (Rp 1.299.000) atau Okiedog Freckles Backpack (Rp 499.000).

 

Mudik Naik Mobil

1. Berhentilah setiap 2-3 jam sekali jika memungkinkan, agar Si Kecil dapat merelaksasikan tubuhnya dan tidak rewel karena merasa bosan. 

 

2. Sebelum memulai perjalanan, cek rest area yang dekat dengan taman atau tempat hiburan anak di sepanjang rute yang Anda lewati. Dengan  begitu, Si Kecil bisa beristirahat di tempat yang membuatnya senang.

 

3. Jika tiba waktu makan, berhentilah untuk menyuapi Si Kecil. Menyuapi makan sambil tetap berkendara dapat membuatnya mual. Anda bisa menggunakan travel bib dari Bbox yang terdiri dari bib dan sendok yang digulung menjadi 1 (Rp 220.000).

 

Mudik dengan Kereta Api

1. Bawalah selimut agar Si Kecil tetap hangat. Suhu di dalam kereta api jarak jauh terkadang sangat dingin dan pihak kereta tidak menyediakan selimut, kecuali untuk perjalanan malam hari. Anda dapat membawa Bebe Au Lait Muslin Snuggle (Rp 675.000), selimut yang hangat dan nyaman. 

 

2. Sama seperti di pesawat, Anda dapat membawakan Si Kecil mainan, buku, dan games kesukaannya. Kereta api dilengkapi dengan charger station, sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan baterai.

 

3. Ajak Si Kecil berjalan-jalan menelusuri gerbong lain dan gerbong makan. Lakukan ini saat ia merasa bosan dan mulai rewel.

 

4. Bawalah makanan, camilan, dan air yang cukup. Jika terjadi keterlambatan, Anda dapat berada di kereta dalam waktu cukup lama, sementara kereta makan persediaannya terbatas. Anda dapat membeli makanan di awal keberangkatan atau membawa dari rumah. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)