Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Trik Mengajari Si Kecil Mengelola Uang Lebaran

 Trik Mengajari Si Kecil Mengelola Uang Lebaran
anak menabung

Saat lebaran, Si Kecil biasanya akan mendapatkan 'salam tempel' berupa sejumlah uang dari para kerabat. Jika Anda memiliki keluarga yang sangat besar, ia pun akan menerima uang dengan jumlah cukup banyak. Sebelum Si Kecil merasa bingung dan langsung menghabiskan uang lebarannya, ajari ia untuk mengelolanya dengan 3 cara berikut ini.

 

1. Pilih 1 Mainan

Layaknya anak-anak pada umumnya, Si Kecil pasti ingin membeli sesuatu dari 'salam tempel' yang ia dapat, seperti mainan atau gadget. Izinkan ia membeli 1 barang yang paling diinginkan, namun ia harus tetap menyisakan sebagian untuk ditabung.

 

2. Harus Menabung

Si Kecil mungkin belum mengerti mengapa uangnya harus ditabung dan bersikeras menghabiskan semuanya. Jelaskan dengan kata-kata sederhana, apa saja manfaat menabung dan keuntungan yang didapat jika melakukannya. Misalnya, ia bisa pergi ke tempat bermain favoritnya dengan rajin menabung, karena uangnya akan terus bertambah.

 

3. Jangan Lupa Berbagi!

Jangan lupa untuk mengajari Si Kecil beramal! Ajak ia menyisihkan sedikit uangnya untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Jelaskan bahwa orang itu pasti akan senang jika mendapatkan bantuan darinya. Kegiatan ini sangat baik untuk menumbuhkan rasa empati Si Kecil. (Nadia/DC/Dok. M&B)