Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Cara Mencegah Cacingan

4 Cara Mencegah Cacingan

"Ma, kenapa waktu aku BAB keluar cacing?" Wah, pastinya pertanyaan ini sangat mengerikan jika sampai terucap dari mulut Si Kecil ya, Moms. Memang cacingan masih menjadi kendala di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan berdasarkan data yang ada, 60 – 80 persen anak sekolah dan balita menderita cacingan.

 

Padahal ada cara sederhana yang bisa diterapkan untuk mencegah cacing masuk ke dalam tubuh, yaitu:


1.Membiasakan Cuci Tangan
Cuci tangan dengan sabun sangat penting untuk membunuh kuman, mau pun telur cacing. Pastikan Si Kecil selalu cuci tangan setelah BAB, setelah main, dan sebelum makan.

2.Perhatikan Air Minum
Pastikan anak selalu meminum air bersih. Sebaiknya Moms menggunakan air minum galon yang sudah terjamin mutunya atau air yang sudah direbus sampai matang. Jangan lupa untuk selalu membawa persediaan air minum saat berpergian.

3.Menjaga kebersihan makanan
Kebersihan makanan harus selalu diperhatikan, mulai dari mencuci bahan makanan, dimasak, bahkan hingga disajikan di atas meja. Gunakan tudung saji untuk menghindari lalat hinggap di atas makanan.

4.Memakai alas kaki
Bermain tanpa alas kaki di tanah lapang dapat memberikan peluang Si Kecil terkena cacingan. Telur cacing yang terdapat tanah bisa saja menyempil di sela-sela jari kaki anak dan masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, biasakan anak selalu memakai alas kaki saat main di halaman atau di luar ruangan ya, Moms!. (Claudia Carla/DC/Dok. Freeimages.com)