Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tidur Lebih Awal Jauhkan Balita dari Obesitas

Tidur Lebih Awal Jauhkan Balita dari Obesitas

Penelitian terbaru mengungkapkan, balita yang terbiasa tidur lebih awal akan terhindar dari obesitas ketika ia beranjak remaja. “Balita yang memiliki kebiasaan tidur di atas jam 8 malam kemungkinan besar mengalami obesitas dalam 10 tahun ke depan,” ungkap Sarah Anderson, asisten profesor epidemiologi dari Ohio State University, seperti dikutip dari Today.com.

 

Penelitian tersebut melibatkan 977 partisipan berusia 4,5 tahun. Tim peneliti kemudian menanyakan jam tidur mereka dan menghitung body mass index (BMI) mereka di usia 15 tahun. Hasilnya, 16 persen partisipan yang tidur di antara jam 8–9 malam dan 23 persen yang tidur di atas jam 9 malam mengalami obesitas.

 

Namun, penelitian ini tidak menunjukkan berapa banyak rentang waktu tidur yang ideal untuk balita. “Penelitian ini hanya menunjukkan pentingnya konsistensi dan pengaturan waktu tidur yang baik,” ujar Dr. Sangeeta Chakravorty, direktur program tidur anak di Children's Hospital of Pittsburgh.

 

Jika orangtua mampu menerapkan rutinitas tidur yang baik kepada anak, ia cenderung mengikuti pola tersebut seumur hidupnya. Selain itu, seseorang yang memiliki rutinitas tidur yang baik, biasanya juga memiliki pola makan sehat dan senang berolahraga. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)