Type Keyword(s) to Search
TODDLER

4 Manfaat Berlatih Bela Diri sejak Usia Dini

4 Manfaat Berlatih Bela Diri sejak Usia Dini

Memasuki usia balita, Si Kecil akan semakin aktif bergerak. Anda pun memiliki tugas untuk menyalurkan keaktifannya ke arah yang positif. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengikutsertakannya dalam olahraga bela diri. Anda mungkin merasa khawatir untuk mendaftarkan Si Kecil bela diri, karena usianya yang masih balita. Namun, ternyata ada banyak manfaat yang ia dapat dengan berlatih bela diri sejak dini. Apa saja?

 

1. Menumbuhkan Percaya Diri

Saat belajar bela diri, Si Kecil akan berinteraksi dengan teman sebayanya. Ia juga akan memberanikan diri untuk berinteraksi dengan orang yang lebih dewasa, salah satunya pelatihnya. Saat ia berani berinteraksi dengan orang lain, kepercayaan dirinya pun akan tumbuh.

 

2. Melatih Waspada dan Keberanian

Dengan berlatih bela diri, Si Kecil pun akan dipacu untuk lebih waspada dengan lingkungan sekitarnya. Berlatih bela diri juga tidak semata-mata belajar beragam jurus saja, namun turut melatih mentalnya. Hal itu pun membuat Si Kecil menjadi pemberani dan waspada terhadap lingkungan sekitarnya.

 

3. Meningkatkan Kedisiplinan

Aturan yang diterapkan saat berlatih bela diri membuat Si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang disiplin. Sikap ini pun akan melatihnya untuk memiliki komitmen. Disiplin tidak hanya berbicara mengenai apa yang harus Si Kecil lakukan, namun juga mengajarinya untuk bertanggung jawab pada setiap tugas yang diberikan.

 

4. Kemampuan Motorik Lebih Kuat

Memukul, menendang, melompat, menghindar, melatih keseimbangan, dan gerakan lain yang diajarkan pada latihan bela diri membuat kemampuan motorik Si Kecil menjadi lebih kuat. Bela diri juga membuatnya lebih bugar dan sehat. Si Kecil pun akan mampu berkonsentrasi dan fokus terhadap hal yang sedang ia kerjakan. (Adonia/DC/Dok. Freedigitalphotos)