Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Manfaat Cuka Apel yang Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Cuka Apel yang Belum Anda Ketahui

Moms, cuka apel tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Rasanya yang asam-manis memang enak untuk diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Namun ternyata tidak cuma itu lho, yang membuat cuka apel banyak penggemarnya. Ternyata, cuka apel juga memiliki banyak kegunaan. Apa saja sih manfaatnya? Seperti yang dilansir dari parents.com, inilah 6 hal yang bisa Moms lakukan dengan cuka apel.

 

1. Minuman elektrolit alami

Mau minuman elektrolit penambah energi yang alami? Campurkan saja air dan cuka apel. Ya, cuka apel memang sumber elektrolit yang baik. Selain itu, cuka apel juga tepat untuk meningkatkan stamina tubuh, meredakan nyeri sendi, dan mengurangi kelelahan otot setelah Moms olahraga.

 

2. Pengembang kue

Moms suka membuat cookies dan kehabisan baking soda? Moms bisa pakai cuka apel, lho. Masukkan saja cuka apel dan baking soda ke adonan kue yang padat (misalnya oatmeal cookies). Adonan akan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil yang membuatnya mengembang dan lebih gurih. Yummy!

 

3. Pembersih talenan kayu

Talenan kayu yang berpori tentu menjadi tempat favorit bakteri! Untuk membasmi bakteri, Moms bisa menyiramkan cuka apel. Kandungan asam atetat di cuka apel berfungsi menjadi desinfektan alami, ampuh membasmi bakteri E. coli, Salmonella, dan Staphylococcus. Walau cukup kuat untuk membasmi bakteri, tapi cuka apel tidak merusak talenan kayu, kok.

 

4. Penyegar nafas
Karena cuka apel efektif membasmi bakteri, maka cuka apel juga dapat membunuh kuman penyebab bau mulut. Mau coba? Campurkan saja ½ sendok teh cuka apel dengan 200 ml air, lalu berkumurlah dengan larutan ini.


5. Pembasmi rumput liar organik
Dengan tingkat keasaman 5%, cuka apel dapat menghilangkan rumput liar secara alami. Cara ini tidak cuma efektif, tapi juga tidak merusak lingkungan.


6. Pereda sunburn
Walau terdengar sangat menyakitkan, tapi mengoleskan cuka apel ke kulit yang terbakar sinar matahari ternyata justru dapat meredakannya. Hebatnya lagi, cuka apel tepat untuk mencegah kulit melepuh dan terkelupas karena sunburn. Selamat mencoba, Moms! (Rita/TW/Dok.Freedigitalphotos)