Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kenali 6 Gejala Diabetes pada Anak

Kenali 6 Gejala Diabetes pada Anak

Siapa bilang diabetes hanya menyerang orang dewasa? Walau kebanyakan penderita diabetes memang orang dewasa, tapi bukan berarti seluruh anak terbebas dari ancaman diabetes. Bahkan, penyakit yang ditandai dengan tingginya gula darah ini juga dapat menyerang bayi lho, Moms!

 

"Untuk bayi, biasanya menderita diabetes tipe 1," ujar Dr. Em Yunir SpPD-KEMD, Ketua Divisi Metabolik Endokrinologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang ditemui pada hari Selasa (30/8), di acara edukasi media yang diadakan Accu-Chek di Jakarta.

 

Apa Arti Diabetes Tipe 1?


Diabetes tipe 1 adalah kondisi dimana pankreas tidak dapat memroduksi hormon insulin yang memindahkan glukosa dalam makanan ke sel darah. Karena tidak adanya insulin, maka gula darah akan keluar lewat urin tanpa diserap tubuh. Oleh karena itu, penderita diabetes tipe 1 membutuhkan suntikan insulin secara rutin seumur hidupnya.


Gejala Diabetes Tipe 1 pada Anak


Menurut Dr. Yunir, penyebab diabetes pada bayi dan anak-anak adalah virus yang dikombinasikan dengan fungsi imun yang rendah, sehingga virus akan mudah menyerang pankreas. Moms takut Si Kecil terserang diabetes tipe 1? Kenali 6 gejala berikut ini:

  • Demam
  • Diare
  • Muntah
  • Mudah haus
  • Kenaikan nafsu makan
  • Penurunan berat badan

 

Beberapa gejala diabetes tipe 1 di atas memang mirip dengan muntaber, tidak heran kalau terkadang dokter luput dalam memeriksanya. "Tetapi sekarang, di bagian anak rumah sakit sudah ada tata laksana yang menyarankan orangtua memeriksakan kadar gula darah bayi jika mendeteksi tanda-tanda tersebut," jelas Dr. Yunir.

 

Jika anak Anda menjadi salah satu penderita diabetes tipe 1, Moms jangan khawatir dulu dengan tumbuh kembangnya. Penderita diabetes tipe 1 tetap dapat tumbuh dan beraktivitas seperti biasa, kok. Namun pastikan ia memiliki kadar insulin yang cukup, ya. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)


BACA JUGA:

Mengapa Bayi Bisa Mengalami Diabetes?

Kenali Meningitis Pada Anak Sejak Dini

Kenali Thrush dan Cara Mengatasinya

Kenali Pneumonia pada Anak