Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

3 Cara Ampuh Kontrol Gula Darah

3 Cara Ampuh Kontrol Gula Darah

Menurut data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2013, sebanyak 9,1 juta orang Indonesia menderita diabetes, sehingga menempatkan Indonesia sebagai negara ke-2 dengan penderita diabetes tertinggi di Asia. Menurut WHO (World Health Organization) 90 persen penyakit diabetes disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Agar Anda tidak turut menjadi salah satunya, lakukan 3 panduan dari Dr. Ida Gunawan, Ms. Sp.Gk dalam acara Gerakan Indonesia Lawan Diabetes berikut ini.

 

1.Terapkan Pola Makan 3J
Tiga J, yaitu jenis, jumlah, dan jadwal. Pastikan Anda telah memilih jenis makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, dan kaya serat. Kemudian kontrol agar jumlah asupan kalori tidak melebihi 1.500 per hari. Jangan lupa makan sesuai jadwal, yaitu 3 kali makan besar dan kecil.


2.Olahraga rutin
Setelah pola makan telah teratur, jangan lupa untuk memerhatikan kebugaran dengan olahraga. Bagi penderita diabetes, sebaiknya lakukan olahraga ringan hingga sedang, seperti aerobik sebanyak 3 kali dalam seminggu atau minimal bergerak selama 30 menit sehari.


3.Periksa kadar gula darah
Kini sudah banyak alat yang dapat digunakan untuk memantau kadar gula darah. Lakukan tes gula darah sebelum dan 1-2 jam setelah makan. Gula darah termasuk normal jika jumlahnya tidak melebihi 130 gram sebelum makan dan 180 gram setelah makan. (Claudia Carla/SR/Dok. Freedigitalphotos.net)