Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Bermain dengan Anak Usia 1-2 Tahun

Bermain dengan Anak Usia 1-2 Tahun
lari

Seiring bertambahnya usia Si kecil, semakin beragam pula jenis permainan yang bisa ia lakukan. Pada usia 1-2 tahun, ia akan senang mengeksplor kemampuan berjalannya bersama Anda. Jika Si Kecil sudah lancar berjalan, coba ajak ia berlari kecil dan biarkan ia mengejar Anda. Ia pasti akan tertawa bahagia saat berhasil mendapatkan Anda.

 

Selain kejar-kejaran, Anda bisa bermain petak umpet dengan Si Kecil. Bersembunyilah di balik sofa dan berpura-puralah tidak tahu kalau ia sedang mencari Anda. Lihat ekspresi wajahnya yang penuh kemenangan, ketika berhasil menemukan Anda. Si Kecil juga akan senang membawa atau mendorong sesuatu saat berjalan dan itu berguna untuk melatih keseimbangan tubuhnya. Dengan berjalan sambil mendorong mainan seperti stroller mini, ia dapat membebankan berat tubuhnya pada pegangan stroller dan membantunya untuk tetap tegak berdiri.

 

Menyusun atau menumpuk mainan menjadi menara tinggi pun akan menjadi permainan favorit Si Kecil. Setelah tersusun, ia akan merobohkannya lagi. Permainan itu berguna untuk melatih koordinasi antara mata dan tangannya. Secara psikologis, permainan ini juga mengajarkan kepada Si Kecil, bahwa ia dapat menyusun mainannya setinggi yang diinginkan, selama sususannya tidak goyang hingga membuatnya jatuh berhamburan.Selain itu, Si Kecil suka sekali dengan permainan yang objeknya bisa dinaiki, seperti bermain kuda-kudaan menaiki punggung Anda. Ajaklah ia berkeliling ruang tamu selama beberapa menit dan lihat betapa gembiranya ia melakukan itu. (Aulia/DC/dok. M&B)