Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Trik Menyeimbangkan Urusan Keluarga dan Pekerjaan

5 Trik Menyeimbangkan Urusan Keluarga dan Pekerjaan

Bagi para Moms yang bekerja, merawat Si Kecil sambil menepati deadline pekerjaan pasti tidak mudah. Nah, untuk menyeimbangkan urusan pekerjaan dan keluarga Anda, ikuti 5 tips berikut ini, yuk.

 

1. Cari childcare yang berkualitas

Tanyakan kepada teman, saudara, atau tetangga tentang babysitter atau daycare terdekat. Kemudian Moms bisa membuat daftar mengenai Si Kecil, mulai dari jadwal makan, kebiasaan, dan detil penting lainnya. Pastikan childcare pilihan Moms bisa mengatasinya.

 

Menurut  Sharon Tepper, ketua The Brownstone Nannies, Inc., merekomendasikan pengasuh yang sudah banyak pengalaman kerjanya, dan lama di setiap pekerjaannya. Ini menandakan, bahwa ia berkomitmen dalam bekerja. Sedangkan untuk daycare, Anda harus mengetahui kebersihan ruangan, ruangan yang berbeda untuk tidur dan bermain, dan dilengkapi CCTV.

 

2. Memulai hari dengan indah
Kesibukan kantor dan keluarga memaksa Anda untuk bisa multitasking. Jadi Anda perlu siasat jitu yang mempermudah awal hari Anda. Untuk itu, Moms sebaiknya menyiapkan segala keperluan Anda, suami, dan Si Kecil sejak malam sebelumnya. Kebutuhan tersebut adalah, baju yang akan dipakai, tas popok, tas kantor, serta bahan masakan untuk sarapan dan makan siang Si Kecil.

 

3. Mark your calender
Anda harus selalu update dengan kegiatan keluarga Anda, seperti pertunjukan balet Si Kecil, meeting dengan klien, family gathering dengan kantor suami Anda, dan lain-lain. Nyalakan reminder di smartphone Anda agar semua kegiatan tersebut tidak ada yang terlewat.

 

4. Jaga komunikasi dengan Si Kecil
Jangan sampai kesibukan Anda di kantor membuat Anda melupakan Si Kecil. Cobalah untuk selalu menelepon Si Kecil, walau hanya sebentar. Moms bisa menanyakan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan Si Kecil, dan jangan lupa ingatkan ia untuk makan siang. Bila Si Kecil masih dibawah 1 tahun, mintalah pengasuh untuk menginformasikan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan hari itu.

 

5. Buatlah kegiatan yang menyenangkan
Luangkan waktu untuk keluarga bila akhir pekan tiba. Cari kegiatan yang menyenangkan dan lupakan tentang pekerjaan Anda sejenak. Anda dapat coba untuk pergi keluar kota, menonton film kesukaan Si Kecil, atau sekedar piknik di halaman rumah. Selamat mencoba ya, Moms. (Seva/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)