Type Keyword(s) to Search
BABY

3 Trik Jitu Menidurkan Anak

3 Trik Jitu Menidurkan Anak

Di masa tumbuh-kembang, anak tidak hanya membutuhkan ASI, tetapi juga tidur yang cukup dan berkualitas. Bayi baru lahir rata-rata membutuhkan 16-20 jam tidur dalam sehari. Penelitian mengungkapkan, hormon pertumbuhan diproduksi saat Si Kecil tertidur nyenyak. Karenanya, pastikan Si Kecil cukup tidur Mulailah memastikan Si Kecil menghabiskan waktunya dengan tidur agar pertumbuhan otaknya terjaga.agar perkembangan otaknya maksimal.


Namun, tidak dapat dipungkiri, Si Kecil yang baru lahir terkadang akan mengalami gangguan tidur. “Anak saya pernah mengalami gangguan tidur. Rasanya sedikit kesal, karena saya jadi kurang istirahat juga karena ia baru tidur setelah lewat tengah malam,” ujar Dewi, ibu dari 1 anak berusia 4 bulan.

 

Hal tersebut juga dialami oleh Nadia, ibu dari 1 orang anak yang berusia 12 bulan. “Anak saya pernah mengalami gangguan tidur. Akibatnya, saya jadi cepat marah dan mudah tersinggung karena saya kurang tidur juga. Selain itu, produksi ASI juga menurun drastis,” ujarnya.


Nah, sekarang tidak perlu panik bila Si Kecil tidak bisa tidur nyenyak. M&B berikan solusinya:

1. Atur Jadwal Menyusui
Saat Si Kecil mulai mengantuk, susui ia agar merasa kenyang dan segera terlelap. Hal itu akan mencegahnya terbangun di malam hari karena lapar. Jika Si Kecil terbangun, segera susui agar ia langsung tertidur kembali.


2. Ciptakan Suasana Nyaman
Pastikan suhu kamar tidak terlalu dingin atau panas, gunakan lampu tidur untuk memberikan cahaya temaram di kamar, dan hindari suasana bising, agar Si Kecil dapat tidur pulas. Bila perlu, selimuti ia agar tidak kedinginan di malam hari.

 

3. Lakukan Ritual sebelum Tidur
Mandi air hangat menggunakan sabun yang aman untuk kulit Si Kecil dapat menjadi pilihan agar ia dapat tidur nyenyak. Setelah itu, Anda dapat memijatnya menggunakan losion khusus bayi, yang sekaligus berfungsi sebagai penghangat serta melembapkan kulit bayi.


Rasa hangat akan memperlancar sirkulasi aliran darah Si Kecil, sehingga ia dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, Anda dapat menaburkan bedak di tubuhnya dan membacakan dongeng sebagai ritual sebelum tidur, agar ia merasa semakin nyaman.

 

Untuk mengetahui lebih banyak info tentang kualitas tidur Si Kecil, Anda dapat klik disini.

 

Webtorial ini didukung oleh JOHNSON’S® (Seva/TW/Dok. M&B UK)