Type Keyword(s) to Search
BABY

Tahapan Bermain pada Anak

Tahapan Bermain pada Anak

Bermain adalah salah satu proses penting dalam tumbuh-kembang anak. Menurut Kak Ale dari komunitas Ayo Main dalam talk show bersama Sleek Baby dengan tema "Membuat Pita Sensori with Ayo Main" di M&B Fair 2016, dalam proses bermain ini, anak mendapatkan stimulasi sensorik dan motorik. Berikut beberapa tahapan bermain untuk anak yang perlu Anda ketahui.

 

Toys
Pada tahap ini, anak masih belajar eksplorasi. Anak terstimulasi dengan warna, aroma, dan suara. Itulah alasan ia senang menjatuhkan barang atau memainkan dompet Anda untuk memainkan koin dan melihat banyak warna dari lembaran uang.

 

Play
Saat fase play, anak mulai lebih fokus pada teman-temannya. Anda akan melihat Si Kecil bermain kejar-kejaran dan tertawa bersama temannya tanpa alasan yang jelas. Karena belum ada kompetisi di fase play, maka tidak ada aturan. Si Kecil masih bermain dengan bebas.

 

Games
Ketika masuk fase games, sudah ada aturan saat bermain dan juga pemenang. Hal ini penting agar anak mempelajari tentang aturan. Untuk itu, selipkan games di waktu makan dan mandi, agar Si Kecil semakin semangat untuk 2 aktivitas tersebut. (Nadia/OCH/Dok. M&B UK)