Type Keyword(s) to Search
BABY

Agar Bayi Tidur Nyenyak

Agar Bayi Tidur Nyenyak
bayi tidur

Tahukah Anda bahwa tidur bermanfaat untuk regenerasi sel tubuh Si Kecil? Ya, bayi membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur. Selama 24 jam, bayi rata-rata tidur selama 16 jam. Pada usia 3 bulan, bayi Anda akan membutuhkan waktu tidur sekitar 15 jam dengan siklus tidur-bangun sepanjang hari.

Panjang dari siklus tidur tergantung dari masing-masing bayi. Beberapa bayi bisa tidur sepanjang malam tanpa terbangun, sementara beberapa bayi lain, baru bisa tidur lelap sepanjang malam mulai usia 1 tahun.

Membuat bayi tertidur tidaklah mudah, sehingga Anda seringkali kehilangan waktu tidur Anda sendiri. Akibatnya, Anda jadi sulit berkonsentrasi, mengalami mood swing, dan kondisi tubuh tidak fit. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut ini.

 

1.  Pakai baju tidur yang tepat
Pilihkan bayi Anda baju tidur yang nyaman dan pas, seperti yang terbuat dari bahan katun. Selain itu, perhatikan kenyamanan popoknya. Biasakan ganti baju dan popok bayi Anda sebelum tidur.

2.  Mandi
Tubuh yang lengket karena keringat dan kotor sehabis makan atau bermain membuat kulit bayi tidak nyaman. Seka tubuh bayi dengan air hangat sebelum tidur. Jangan lupa baluri minyak telon di seluruh tubuhnya.

3.  Perhatikan keadaan kamar dan sirkulasi udara
Atur suasana kamar tidur bayi senyaman mungkin, termasuk tata cahaya dan udara dalam ruangan. Hindari penggunaan pewangi ruangan dan obat pembasmi nyamuk yang dapat mengganggu pernapasannya. Gunakan kelambu untuk menghindari bayi Anda dari gigitan nyamuk. Selain itu, suhu di dalam kamar juga harus diperhatikan. Sebaiknya, suhu ruang tidak terlalu dingin ataupun panas.

4.  Cium dan peluk
Mencium dan memeluk Si Bayi membuat tubuhnya mengeluarkan hormon 'bahagia'. Si Kecil pun jadi merasa aman dan nyaman saat tidur. Menurut penelitian, ciuman dan pelukan dapat mengajarkan bayi untuk mengontrol emosi saat tertekan.

5.  Kenyang
Cukupi kebutuhan makan dan minum bayi Anda sebelum tidur agar ia tidak sering terbangun karena merasa lapar. Cobalah menyusui bayi Anda lebih awal dan biarkan ia terbiasa tidur sendiri. (Aulia/OCH/Dok. M&B)