Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Wah, Quality Time Sambil Liburan Ternyata Tidak Optimal

Wah, Quality Time Sambil Liburan Ternyata Tidak Optimal

 

Orang tua yang hidup pada zaman sekarang memiliki banyak kesibukan, baik pekerjaan di kantor atau kesibukan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda meluangkan sebagian waktu untuk mendapatkan quality time agar komunikasi dan kedekatan keluarga tetap terjaga.

 

Untuk mendapatkan quality time tersebut, banyak orang tua yang memilih berlibur, baik dalam negeri maupun luar negeri. Ternyata hal itu tidak perlu, Moms. Sebuah penelitian menunjukkan justru quality time bisa lebih optimal jika dilakukan di rumah saja.

 

Penelitian ini melibatkan lebih dari 1.500 partisipan dari 884 keluarga di Inggris. Mereka diberikan pertanyaan tentang liburan keluarga terakhir yang mereka lakukan, berapa banyak waktu yang dihabiskan, dan hal-hal yang berkaitan dengan liburan tersebut.

 

“Alat prediksi kebahagiaan keluarga adalah melakukan aktivitas yang familiar di dalam rumah. Hal ini kabar baik bagi keluarga yang tidak memiliki kemampuan untuk berlibur ke luar rumah,” ujar pemimpin penelitian, Karen Melton, dari Baylor's Robbins College of Health and Human Sciences, seperti dikutip dari Daily Mail.

 

Sebaliknya, saat berlibur, terutama ke tempat baru, otak justru fokus untuk memproses informasi-informasi baru seperti aktivitas baru dan orang-orang baru yang dilihat. “Akibatnya, otak tidak memiliki cukup energi untuk fokus pada hubungan antar anggota keluarga,” jelas Karen.

 

Selain itu, saat liburan ada kemungkinan salah satu anggota keluarga yang menjadi stres kemudian memicu konflik dengan anggota lainnya. Sedangkan di rumah, Anda, anak-anak, dan suami dapat melakukan banyak hal yang bisa mendekatkan keluarga. Karen mengatakan bahwa aktivitas itu bisa berupa apa saja, mulai dari bermain game atau hobi kesukaan keluarga. Beberapa penelitian juga mengungkapkan aktivitas mudah untuk mendapatkan quality time adalah dengan waktu makan bersama. Cukup mudah kan, Moms? (Nadia/TW/Dok. M&B UK)